Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gizi Buruk dan Hidrosefalus, Berat Bayi Ini Hanya 4,8 Kg

Kompas.com - 14/06/2013, 12:32 WIB
Kontributor Polewali, Junaedi

Penulis

POLEWALI MANDAR, KOMPAS.com - Andi Alif, bocah 10 bulan di Kelurahan Darma, Kecamatan Polewali, Kabupaten Polewali Mandar, Sulawesi Barat, berat badannya hanya 4,8 kilogram. Bobot itu jauh dari berat badan ideal yang seharusnya mencapai delapan kilogram.

Mudah Arif (22) dan Widya (18), orangtua Andi Alif tak mampu memberi asupan gizi yang cukup bagi anak mereka. Pekerjaan Mudah yang hanya menjadi buruh bangunan dengan penghasilan tek menentu, menyulitkan Andi untuk berkembang dengan baik.

Bahkan, selain menderita gizi buruk, Andi juga menderita gejala hidrosepalus atau pembengkakan cairan di kepala. Akibatnya, pertumbuhan badan dan kepala bocah ini tampak tak seimbang.

Widya yang ditemui belum lama ini mengakutak merasakan gejala lain saat anak pertamanya ini masih di dalam kandungan.

Kini, pasangan muda yang menikah dua tahun lalu ini hanya menumpang di rumah neneknya. Keduanya mengaku cemas melihat kondisi Andi saat ini.

Dokter pernah menyarankan Andi menjalani operasi hidrosefalus di Rumah Sakit Makassar, namun karena alasan biaya, mereka tak bisa menjalankan saran dokter itu.

Kini, bayi yang lahir dengan berat 2,2 kilogram ini hanya bisa tergolek lemas di tempat tidur. Jangan untuk bergerak seperti bayi seusianya, membalikkan badan pun tak bisa dilakukan.

****

Informasi penyaluran bantuan untuk Andi Alif, hubungi: redaksikcm@kompas.com

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com