Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dua Gempa Berurutan, Warga Sempat Panik

Kompas.com - 14/06/2013, 03:07 WIB
Kontributor Ciamis, Irwan Nugraha

Penulis

TASIKMALAYA, KOMPAS.com — Beberapa warga di wilayah Tasikmalaya, Jawa Barat, panik, ketika dua gempa terjadi beruntun, Kamis (13/6/2013) malam. Warga langsung berlarian keluar rumah ketika kedua gempa bersusulan tak berselang lama.

Sesuai informasi dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), dua kali gempa itu terjadi di barat daya Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat. Gempa pertama terjadi sekitar pukul 23.47 WIB, dengan kekuatan 6,5 skala Richter di kedalaman 57 kilometer dengan lokasi di 10.35 LS-107.04 BT.

Adapun gempa kedua terjadi pada Jumat (14/6/2013) dini hari sekitar pukul 00.24 WIB, dengan kekuatan 5,5 skala Richter di kedalaman 218 kilometer dengan lokasi di 8.77 LS-107.72 BT. Kedua gempa tersebut dinyatakan tidak berpotensi tsunami.

Gempa yang pertama sangat dirasakan oleh sebagian warga di wilayah Tasikmalaya. Seperti dikatakan Jajang (45), warga Kelurahan Cipari, Kecamata Mangkubumi, Kota Tasikmalaya. Ia mengaku langsung menyuruh keluarganya yang sedang tertidur lelap untuk keluar rumah.

Pasalnya, meskipun guncangan hanya beberapa detik, tetapi sangat terasa. Terlebih pada saat gempa Jajang masih terjaga, sedang menonton televisi di rumahnya. "Saya, istri, dan anak saya langsung keluar rumah. Getarannya terasa gede, sampai akuarium ikan hias di rumah saya airnya tumpah. Makanya saya langsung membangunkan istri dan anak saya untuk keluar rumah," tutur dia.

Sampai dengan saat ini, pemerintah setempat belum mendapatkan laporan kerugian akibat terjadinya dua kali gempa di Tasikmalaya. Namun, sesuai informasi, guncangan gempa hampir terasa di seluruh daerah Jawa Barat. "Belum ada laporan kerugian dan korban jiwa akibat gempa ini," singkat Kepala BPBD Kabupaten Tasikmalaya H Kundang Sodikin, Jumat dini hari.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com