Kompas.com - 13/06/2013, 22:59 WIB
|
EditorFarid Assifa

YOGYAKARTA, KOMPAS.com — Hujan deras yang mengguyur Gunungkidul sejak siang menyebabkan tebing di Dusun Kedo Ploso, Pengkol, Kecamatan Nglipar, longsor, Kamis (13/6/2013).

Peristiwa yang terjadi sekitar pukul 16.45 WIB ini menyebabkan satu orang terluka dan 20 kepala keluarga (KK) mengungsi.

Salah satu warga Kedo Ploso, Wawan, menceritakan sejak siang hari hujan deras sudah mulai turun. Baru sekitar pukul 16.45 WIB, tiba-tiba terdengar suara gemuruh yang berasal dari tebing longsor.

"Yang terkena longsoran satu rumah milik Trimorejo," katanya.

Ia menjelaskan saat peristiwa terjadi, Trimorejo sedang berda di dalam rumah. Ketika ingin menyelamatkan diri, tangannya tertimpa material. Akibatnya Trimorejo mengalami patah tulang.

"Setelah warga datang, korban langsung dilarikan ke rumah sakit untuk mendapat perawatan," tandasnya.

Lebih lanjut Wawan mengungkapkan, ada sekitar 20 KK yang diungsikan karena rumahnya berada di kawasan berbahaya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Mereka diminta untuk mengungsi sementara," paparnya.

Pasca-longsor, warga dibantu Tim SAR setempat berusaha membersihkan bekas longsoran. Namun, karena hari sudah gelap, pembersihan akan dilanjutkan Jumat besok.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.