Polisi: Usia Bocah Pencuri BlackBerry Saat Ditangkap 12 Tahun

Kompas.com - 13/06/2013, 19:50 WIB
|
EditorFarid Assifa

PEMATANGSIANTAR, KOMPAS.com — Kepolisian Resor Pematangsiantar mengungkap fakta baru seputar usia DYS, bocah yang divonis penjara 2 bulan 6 hari, di Pengadilan Negeri Pematangsiantar karena mencuri BlackBerry dan komputer jinjing. Bocah ini beraksi bersama temannya, RS (16), pada Maret 2013 silam.

Dalam ekspose di Markas Kepolisian Resor di Jalan Sudirman Pematangsiantar, Sumatera Utara, Kepala Satuan Reskrim AKP Daniel Marunduri menyebut bahwa usia DYS saat ditangkap tidak lagi 11 tahun, melainkan lebih dari 12 tahun.

"Sesuai dengan bukti yang kita temukan, DYS lahir pada 24 Desember 2000. Jadi, usianya bukan 11 tahun saat ditangkap," jelas Daniel di kantornya, Kamis (13/6/2013).

Bukti yang ditemukan, kata Daniel, di antaranya berupa keterangan buku induk dari sekolah tempat DYS pernah mengecap pendidikan dan surat pernyataan dari pihak kelurahan domisili orangtua bocah itu.

Daniel menambahkan, dalam buku induk sekolah Yayasan Perguruan Sekolah Dasar HKBP, tempat DYS pernah bersekolah, tertera tanggal lahirnya 24 Desember 2000, sedangkan pada surat pernyataan lurah tempat orangtua DYS berdomisili, dinyatakan bahwa DYS tidak pernah tercantum dalam buku pencatatan kartu keluarga.

"Jadi, nama dan usia DYS dalam kartu keluarga orangtua angkatnya, yang menjadi bukti saat proses berita acara pemeriksaan DYS, tidak sah karena hanya dibubuhkan begitu saja oleh orangtua laki-laki DYS yang sudah meninggal dunia," jelas Daniel.

Daniel juga menegaskan bahwa penyidikan yang dilakukan kepolisian terhadap kasus DYS sudah sesuai dengan prosedur.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.