Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Telekonferensi Sidang Cebongan Habiskan Rp 18 Juta Per 6 Jam

Kompas.com - 13/06/2013, 17:45 WIB
Kontributor Yogyakarta, Wijaya Kusuma

Penulis

YOGYAKARTA, KOMPAS.com — Telekonferensi yang diusulkan Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK) dalam sidang kasus penyerangan Lembaga Pemasyarakatan Klas IIB Cebongan, Sleman, diperkirakan menghabiskan dana sekitar Rp 18 juta per enam jam.

"Jika usulan telekonferensi disetujui, alokasinya akan diambilkan dari APBN. Anggaran ini untuk membayar vendor telekomunikasi penyedia jaringan," ujar Irjen (Purn) Teguh Soedarsono, anggota LPSK, Kamis (13/6/2013).

Teguh mengungkapkan, biaya penyediaan jaringan komunikasi diperkirakan mencapai Rp 18 juta per enam jam dalam sehari. Mengenai peralatan telekonferensi, menurut Teguh, tidak diperlukan biaya karena LPSK telah memperoleh persetujuan meminjam alat dari Polri.

Berdasarkan informasi yang diterima LPSK, tiga hingga lima saksi akan dihadirkan dalam satu kali sidang. Jadi, lanjut Teguh, peralatan telekonferensi hanya akan dinyalakan saat digunakan untuk meminta keterangan saksi. "Yang jelas, alat VCR tidak akan dipanjar terus-terusan. Lama waktunya belum tahu, tergantung pemeriksaan," papar Teguh.

Sampai saat ini, LPSK terus berkomunikasi dengan sejumlah pihak terkait persiapan telekonferensi untuk persidangan kasus penyerangan Lapas Cebongan, Sleman. Selain dengan Polri, LPSK juga berkoordinasi dengan PT Telkom.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com