Polisi Kendari Bekuk 5 Pemuda Spesialis Pencuri Beras

Kompas.com - 13/06/2013, 17:41 WIB
|
EditorFarid Assifa

KENDARI, KOMPAS.com — Lima pemuda tertangkap polisi saat mencuri 30 karung beras di sebuah kios yang terletak di Pelabuhan Batu, Kendari, Sulawesi Tenggara, Kamis (13/6/2013). Empat pemuda dan seorang remaja itu diketahui menjadi spesialis pencuri beras milik warga Kendari. Pasalnya, aksi melawan hukum sudah tiga kali dilakukan, tetapi baru kali ini tertangkap.

Kepala Unit Reserse dan Kriminal Polsek Mandonga Aipda La Jima Paimo mengatakan, kelima pelaku tersebut bernama Rais, Gazali, Rahmat Saputra, Didi Amdilah, dan Fikran. Usia pelaku sekitar 23 tahun dan satu orang 17 tahun.

"Pelaku ini sudah tiga kali mencuri beras di lokasi yang berbeda. Nah, pas ketiga kalinya diketahui pemilik warung. Kita tangkap mereka (pelaku) sekitar pukul 02.00 Wita dan langsung digelandang ke polsek," terang La Jima, Kamis (13/6/2013).

Menurutnya, pelaku ditangkap setelah menerima laporan dari Jamal, pemilik beras di Pelabuhan Batu Kendari. La Jima melanjutkan, pelaku merupakan sindikat pencuri beras dan barang-barang elektronik. Mereka menjalankan aksinya beberapa kali di Kecamatan Mandonga.

"Ternyata semua pelaku itu satu kos di perempatan Kelurahan Alolama, Kecamatan Mandonga. Sebenarnya, mereka warga Kendari dan orangtuanya ada tinggal di Kelurahan Lepo-lepo dan Kecamatan Puwatu," ujarnya.

Untuk kepentingan penyelidikan, barang bukti beras yang dicuri pelaku diamankan. Pelaku kini ditahan di Markas Polsek Mandonga untuk menjalani proses hukum.

"Mereka (pelaku) disangka Pasal 363 terkait kasus pencurian dengan ancaman hukuman 7 tahun penjara," tutup La Jima.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.