Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Polisi Kendari Bekuk 5 Pemuda Spesialis Pencuri Beras

Kompas.com - 13/06/2013, 17:41 WIB
Kontributor Kendari, Kiki Andi Pati

Penulis

KENDARI, KOMPAS.com — Lima pemuda tertangkap polisi saat mencuri 30 karung beras di sebuah kios yang terletak di Pelabuhan Batu, Kendari, Sulawesi Tenggara, Kamis (13/6/2013). Empat pemuda dan seorang remaja itu diketahui menjadi spesialis pencuri beras milik warga Kendari. Pasalnya, aksi melawan hukum sudah tiga kali dilakukan, tetapi baru kali ini tertangkap.

Kepala Unit Reserse dan Kriminal Polsek Mandonga Aipda La Jima Paimo mengatakan, kelima pelaku tersebut bernama Rais, Gazali, Rahmat Saputra, Didi Amdilah, dan Fikran. Usia pelaku sekitar 23 tahun dan satu orang 17 tahun.

"Pelaku ini sudah tiga kali mencuri beras di lokasi yang berbeda. Nah, pas ketiga kalinya diketahui pemilik warung. Kita tangkap mereka (pelaku) sekitar pukul 02.00 Wita dan langsung digelandang ke polsek," terang La Jima, Kamis (13/6/2013).

Menurutnya, pelaku ditangkap setelah menerima laporan dari Jamal, pemilik beras di Pelabuhan Batu Kendari. La Jima melanjutkan, pelaku merupakan sindikat pencuri beras dan barang-barang elektronik. Mereka menjalankan aksinya beberapa kali di Kecamatan Mandonga.

"Ternyata semua pelaku itu satu kos di perempatan Kelurahan Alolama, Kecamatan Mandonga. Sebenarnya, mereka warga Kendari dan orangtuanya ada tinggal di Kelurahan Lepo-lepo dan Kecamatan Puwatu," ujarnya.

Untuk kepentingan penyelidikan, barang bukti beras yang dicuri pelaku diamankan. Pelaku kini ditahan di Markas Polsek Mandonga untuk menjalani proses hukum.

"Mereka (pelaku) disangka Pasal 363 terkait kasus pencurian dengan ancaman hukuman 7 tahun penjara," tutup La Jima.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com