Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hari Ini, Gubernur dan Wakil Gubernur Jabar Dilantik

Kompas.com - 13/06/2013, 09:33 WIB
Kontributor Bandung, Rio Kuswandi

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com — Hari ini, Kamis (13/6/2013), Ahmad Heryawan dan Deddy Mizwar akan dilantik menjadi Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat periode 2013-2018, di Gedung Merdeka, Jalan Asia Afrika, Bandung, Jawa Barat.

Pelantikan akan dihadiri oleh sejumlah menteri dan para gubernur dari semua provinsi di Indonesia. Hal itu dikatakan Kepala Biro Humas Protokol dan Umum Pemerintah Provinsi Jawa Barat Rudy Gandakusumah di Gedung Merdeka, Kamis pagi.

"Kita mengundang para menteri dan gubernur di seluruh Indonesia. Kita juga mengundang lapisan masyarakat untuk hadir menyaksikan pelantikan gubernur ini. Ini keinginan Pak Gubernur bahwa masyarakat juga punya hak untuk menyaksikan rapat paripurna ini," kata Rudy.

Dijelaskannya, acara akan resmi dibuka pukul 10.00 WIB dan diperkirakan berakhir pukul 12.00 WIB. "Jadi pukul 09.45 itu, gubernur dan wakil gubernur yang akan dilantik sudah bersiap di Hotel Savoy Homann. Keduanya akan berjalan dari hotel menuju Gedung Merdeka. Katakanlah, 15 menit berjalan dari hotel menuju gedung," katanya.

Terkait acara tersebut, arus lalu lintas di Jalan Asia Afrika dialihkan sementara. Sejak pagi tadi, baik kendaraan roda dua maupun empat tidak diperbolehkan melintasi jalan tersebut. Jalan akan dibuka kembali sekitar pukul 12.00 WIB bersamaan dengan selesainya acara.

"Jalan bukan ditutup, tapi dialihkan. Acara diperkirakan selesai pukul 12.00 WIB, jalan akan secepatnya normal kembali," kata Kombes Martinus Sitompul, Kabid Humas Polda Jabar, melalui pesan singkatnya, Kamis.

Pantauan Kompas.com, aparat keamanan dari Polri, TNI, Satpol PP, Dinas Perhubungan (Dishub), dan petugas dari instansi terkait lainnya terlihat sudah berjaga-jaga di sejumlah titik di sekitar gedung. Selain itu, ada sniper atau penembak jitu yang disiagakan untuk pengamanan acara akbar tersebut.

Penjagaan ketat terlihat di Jalan Asia Afrika, Jalan Merdeka, Jalan Braga, Jalan Cikapundung Barat dan Timur, Jalan Naripan, Jalan Dalem Kaum, Jalan Tamblong, dan jalan lainnya di seputar Gedung Merdeka.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com