Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pasangan "Damai" Klaim Masuk Putaran Kedua Pilgub Maluku

Kompas.com - 12/06/2013, 18:11 WIB
Kontributor Ambon, Rahmat Rahman Patty

Penulis

AMBON, KOMPAS.com - Tim sukses pemenangan pasangan Calon Gubernur dan Calon Wakil Gubernur nomor urut 3 Abdullah Vanath-Martin Jonas Maspaitella (Damai) mengklaim akan lolos ke putaran kedua Pemilihan Gubernur Maluku dengan jumlah suara teratas dari empat pasangan lain.

Klaim tim pasangan Damai ini disampaikan dalam konferensi pers di posko pemenangan pasangan Damai di Jalan Pier Tandean, Ambon, Rabu (12/6/2013) sore. Hal ini diungkapkan menyusul adanya publikasi lembaga survei yang merilis hasil hitung cepat yang menempatkan pasangan Damai pada posisi ketiga.

Klaim ini dipublikasikan setelah tim pemenangan Damai melakukan perhitungan secara manual (real count) di seluruh kabupaten kota di Maluku dengan jumlah total suara masuk mencapai 80 persen.

Salah satu tim sukses pasangan Damai, Boy Ruhulesin mengatakan, pihaknya meyakini jika pasangan Damai akan masuk putaran kedua dengan memperoleh suara lebih tinggi dari empat pasangan lain.

Menurutnya, klaim salah satu pasangan calon tertentu yang mengatakan telah memenangkan pemilukada Maluku dalam satu putaran telah menciptakan keresahan di masyarakat, termasuk pendukung pasangan Damai.

"Kita sangat optimis kalau pasangan Damai dapat masuk putaran kedua, karena hasil hitung yang kami lakukan, pasangan Damai masih mengungguli pasangan lainnya. Publikasi ini kami lakukan karena adanya klaim menang satu putaran dari salah satu pasangan calon yang itu sangat meresahkan termasuk juga meresahkan pendukung kita," kata Boy.

Tim sukses lainnya, Maicel menjelaskan, jika hasil hitung manual yang dilakukan pihaknya diyakini tidak akan berbeda dengan hitungan KPU Maluku.

Dia menjelaskan, hingga mencapai persentase 80 persen suara, pasangan Damai masih unggul dengan memperoleh suara 23, 81 persen, disusul pasangan nomor urut 1 Abdullah Tuasikal-Hendrik Lewerissa (Tulus) 22,90 persen, pasangan nomor urut 5 Said Assagaf-Zeth Sahuburua (Setia) 22,71 persen, pasangan nomor urut 4 Herman Koedoeboen-Daud Sangadji (Mandat) dengan memperoleh 17, 89 persen dan pasangan nomor urut 2 Jakobus Putileihalat-Arifin Tapi Oyihoe (Bob-Arif) dengan memperoleh suara 13,5 persen.

"Ini hasil real yang kita miliki, sehingga kami berani mengatakan kita akan masuk putaran kedua," katanya.

Dia mengungkapkan, 20 persen sisa suara yang saat ini akan direkap tidak akan mempengaruhi suara pasangan Damai karena sisa suara tersebut berasal dari basis pendukung Damai yakni di wilayah Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT). Dan sisa suara lainnya tersebar di Kabupaten Maluku Tenggara dan Aru. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com