Pasangan "Damai" Klaim Masuk Putaran Kedua Pilgub Maluku

Kompas.com - 12/06/2013, 18:11 WIB
|
EditorGlori K. Wadrianto

AMBON, KOMPAS.com - Tim sukses pemenangan pasangan Calon Gubernur dan Calon Wakil Gubernur nomor urut 3 Abdullah Vanath-Martin Jonas Maspaitella (Damai) mengklaim akan lolos ke putaran kedua Pemilihan Gubernur Maluku dengan jumlah suara teratas dari empat pasangan lain.

Klaim tim pasangan Damai ini disampaikan dalam konferensi pers di posko pemenangan pasangan Damai di Jalan Pier Tandean, Ambon, Rabu (12/6/2013) sore. Hal ini diungkapkan menyusul adanya publikasi lembaga survei yang merilis hasil hitung cepat yang menempatkan pasangan Damai pada posisi ketiga.

Klaim ini dipublikasikan setelah tim pemenangan Damai melakukan perhitungan secara manual (real count) di seluruh kabupaten kota di Maluku dengan jumlah total suara masuk mencapai 80 persen.

Salah satu tim sukses pasangan Damai, Boy Ruhulesin mengatakan, pihaknya meyakini jika pasangan Damai akan masuk putaran kedua dengan memperoleh suara lebih tinggi dari empat pasangan lain.

Menurutnya, klaim salah satu pasangan calon tertentu yang mengatakan telah memenangkan pemilukada Maluku dalam satu putaran telah menciptakan keresahan di masyarakat, termasuk pendukung pasangan Damai.

"Kita sangat optimis kalau pasangan Damai dapat masuk putaran kedua, karena hasil hitung yang kami lakukan, pasangan Damai masih mengungguli pasangan lainnya. Publikasi ini kami lakukan karena adanya klaim menang satu putaran dari salah satu pasangan calon yang itu sangat meresahkan termasuk juga meresahkan pendukung kita," kata Boy.

Tim sukses lainnya, Maicel menjelaskan, jika hasil hitung manual yang dilakukan pihaknya diyakini tidak akan berbeda dengan hitungan KPU Maluku.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dia menjelaskan, hingga mencapai persentase 80 persen suara, pasangan Damai masih unggul dengan memperoleh suara 23, 81 persen, disusul pasangan nomor urut 1 Abdullah Tuasikal-Hendrik Lewerissa (Tulus) 22,90 persen, pasangan nomor urut 5 Said Assagaf-Zeth Sahuburua (Setia) 22,71 persen, pasangan nomor urut 4 Herman Koedoeboen-Daud Sangadji (Mandat) dengan memperoleh 17, 89 persen dan pasangan nomor urut 2 Jakobus Putileihalat-Arifin Tapi Oyihoe (Bob-Arif) dengan memperoleh suara 13,5 persen.

"Ini hasil real yang kita miliki, sehingga kami berani mengatakan kita akan masuk putaran kedua," katanya.

Dia mengungkapkan, 20 persen sisa suara yang saat ini akan direkap tidak akan mempengaruhi suara pasangan Damai karena sisa suara tersebut berasal dari basis pendukung Damai yakni di wilayah Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT). Dan sisa suara lainnya tersebar di Kabupaten Maluku Tenggara dan Aru. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.