Kompas.com - 12/06/2013, 17:08 WIB
|
EditorGlori K. Wadrianto

YOGYAKARTA, KOMPAS.com — Seorang petambang pasir bernama Wandi Wiyono (60), warga hunian tetap Batur, Kepuharjo, Cangkringan, Sleman, tewas tertimbun longsoran tebing Sungai Gendol, di Dusun Jambu, Kepuharjo, Rabu (12/6/2013) siang.

Selain menewaskan satu orang, peristiwa yang terjadi sekitar pukul 12.00 WIB itu juga menimbun satu truk pengangkut pasir yang sedang diisi material oleh para petambang.

Kepala Polsek Cangkringan AKP Surahman menceritakan, saat longsor, korban bersama dua petambang lainnya, yaitu Salip (35), warga Jambu, dan Asih (36), warga Balong, Umbulharjo, Cangkringan, Sleman, sedang mengisi pasir ke truk yang dikendarai oleh Andi (30), warga Karanganyar, Jawa Tengah.

Posisi truk dan petambang saat itu memang tidak terlalu jauh dari tebing. Tanpa ada tanda-tanda yang mencurigakan, tiba-tiba tebing setinggi sekitar 25 meter, dengan lebar 15 meter, longsor dan menimbun satu orang petambang serta satu truk pasir.

"Hanya satu yang tertimbun, dua orang petambang dan satu sopir berhasil menyelamatkan diri," terangnya.

Lebih lanjut, ia menjelaskan proses evakuasi korban dilakukan selama 20 menit, tetapi saat ditemukan nyawa korban sudah tidak bisa terselamatkan. Jenazah lantas dibawa ke RS Panti Nugroho, Pakem. Selanjutnya, jenazah dibawa ke rumah duka untuk dimakamkan.

Sementara itu, Ketua PMI Kecamatan Pakem, Suranto, mengungkapkan, struktur tebing saat ini memang labil akibat dikeruk di bagian bawah. Hal itu yang berpotensi menimbulkan terjadinya longsor seperti peristiwa tadi siang. "Para petambang yang melakukan penggalian pasir di bawah tebing diharap meningkatkan kewaspadaannya, terlebih saat hujan turun," tegasnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.