Malam "Numpang" Menginap, Pagi Curi Motor Pemilik Rumah

Kompas.com - 12/06/2013, 15:38 WIB
|
EditorFarid Assifa

KOLAKA UTARA, KOMPAS.com — Seorang pencuri motor di Kolaka Utara, Sulawesi Tenggara, terpaksa ditembak aparat kepolisian Kolaka karena berusaha melarikan diri saat hendak ditangkap.

Kepala Satuan Reserse Polres Kolaka Utara, Sulawesi Tenggara, Iptu Rosana Albertina Labobar, menjelaskan, pelaku berinisial RP (18) mencuri motor dengan modus berpura-pura bermalam di rumah calon korbannya.

"Jadi, modusnya, beberapa hari yang lalu, RP ini menginap di rumah korban. Keesokan harinya sekitar jam enam pagi, pemilik rumah menyuguhkan secangkir kopi dan kue kampung kepada pelaku untuk sarapan. Nah, setelah itu, tersangka meminjam motor pemilik rumah dengan alasan untuk beli rokok," ucapnya, Rabu (12/06/2013).

Setelah itu, RP tidak kembali lagi ke rumah pemilik motor. Pemilik motor pun kemudian melapor ke Polsek Pakue. Petugas pun segera mencari pelaku di sejumlah tempat. Kebetulan, RP melintas di Desa Watumea, Kecamatan Tiwu. Polisi berusaha menangkapnya.

"Saat dihentikan, pelaku terus melarikan diri ke arah perkampungan dan memasuki perkebunan. Di situlah anggota menembak kaki pelaku untuk menghentikan pelariannya," tegas Rosa.

Setelah dilumpuhkan oleh polisi, RP kemudian dibawa ke Puskesmas Kodeoha untuk mengangkat proyektil peluru yang bersarang di kakinya. Setelah itu, tersangka digelandang ke Polsek Pakue guna diperiksa lebih lanjut.

Menurut Rosana, tertangkapnya RP akan dijadikan bahan untuk membongkar jaringan pencurian kendaraan bermotor (curanmor) di Kolaka Utara yang akhir-akhir ini kian marak.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Memang kasusnya akan kita kembangkan sambil mencari TKP lain karena dalam beberapa hari ini di Kolaka Utara marak terjadi pencurian motor," tandasnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.