Kompas.com - 12/06/2013, 08:50 WIB
|
EditorKistyarini

AMBON, KOMPAS.com - Berdasarkan hasil hitung cepat oleh sejumlah lembaga survei, Pemilihan Gubernur Maluku akan berlangsung dua putaran. Menurut lembaga survei Konsultan Citra Indonesia (KCI), putaran kedua Pilgub Maluku akan diikuti pasangan nomor urut 4 Herman Koedoeboen-Daud Sangadji (Mandat) yang memperoleh 23,02 persen suara dan pasangan nomor 5 Said Assagaf-Zeth Sahuburua (Setia) dengan perolehan 23,36 persen suara.

Sebelumnya hasil hitung cepat lembaga survei Media Survei dan Strategi (MSS), Selasa (11/6/2013) malam, menyatakan hal sama, yakni pemilihan kepala daerah Provinsi Maluku akan berlangsung dua putaran. Menurut MSS, pasangan yang unggul pada putaran pertama adalah Said Assagaf-Zeth Sahurubua yang mendapatkan 23,65 persen suara.

 

Menurut perhitungan KCI, pasangan nomor urut 1 Abdullah Tuasikal - Hendrik Leweriss memperoleh 18,37 persen suara, pasangan nomor 2 Jakobus Putileihalat-Arifin Tapi Oyihoe 13,86 persen suara, pasangan nomor 3 Abdullah Vanath-Martin Jonas Maspaitella 21,38 persen, pasangan nomor 4, Herman Koedoeboen-Daud Sangadji 23,02 persen dan pasangan nomor 5, Said Assagaf-Zeth Sahuburua 23,36 persen. Hasil hitung cepat ini baru mencapai 92,86 persen suara dari seluruh TPS yan g dijadikan sampel dengan tingkat margin of eror 1 persen.

Dalam konferensi pers di salah satu hotel Ambon, Direktur KCI, Barkah Pattimahu, hasil Pilgub Maluku akan mempertemukan pasangan Setia dan Mandat pada putaran kedua nanti. Dia pun mengatakan, sisa suara yang belum terekap tidak akan mempengaruhi hasil perolehan kedua pasangan tersebut. "Pilkada Maluku kami pastikan akan mempertemukan pasangan Setia dan pasangan Mandat diputaran kedua nanti,"kata Barkah.

Sementara itu, hasil hitung cepat Index Indonesia menunjukkan bahwa pasangan Abdullah Tuasikal-Hendrik Leweriss memperoleh 22,92 persen suara, pasangan Jakobus Putileihalat-Arifin Tapi Oyihoe 13,05 persen suara, pasangan Abdullah Vanath-Martin Jonas Maspaitella  22,81 persen suara, pasangan Herman Koedoeboen-Daud Sangadji 18, 80 persen suara dan pasangan Said Assagaf-Zeth Sahuburua 22, 33 persen suara.

Penghitungan cepat yang dilakukan Index Indonesia berdasarkan data dari 250 TPS yang dijadikan sampel. Hasil hitung cepat yang dipublikasikan Index juga menyebutkan kalau Pilgub Maluku akab berlangsung dua putaran. Hasil hitung cepat index baru mencapai 80 persen dari total jumlah tempat pemungutan suara yang dijadikan sampel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.