Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wartawan Senior Dja'far Assegaf Tutup Usia

Kompas.com - 12/06/2013, 07:54 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Wartawan senior yang juga pernah menjabat sebagai Duta Besar Indonesia untuk Vietnam, Dja'far Assegaf, meninggal pada Rabu (12/6/2013) pagi. Penyandang nama lengkap Sayyid Dja'far bin Hussen bin Ahmad Assegaf ini meninggal setelah sekian lama sakit dan dirawat di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo.

Pemimpin Redaksi Perum Lembaga Kantor Berita Nasional (LKBN) Antara Akhmad Kusaeni menyatakan bahwa Dja'far Assegaf semasa hidupnya merupakan tokoh pers yang dikenal luas sebagai wartawan diplomat. Saat ini Dja'far adalah Wakil Pemimpin Umum Antara.

Dja'far meninggal sekitar pukul 05.00 WIB. Saat ini jenazah disemayamkan di rumah duka di Munggang, Condet Balekambang 58, Jakarta Timur. Rencananya Dja'far akan dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Kalibata, tetapi belum diketahui rencana yang lebih rinci.

"Kami kehilangan tokoh pers yang selama hidupnya didedikasikan untuk memajukan pers dan etika jurnalis, baik dalam pendidikan maupun praktiknya," kata Akhmad Kusaeni. Ketekunannya mendalami dunia diplomasi mengantarkan Dfa'far menjadi Duta Besar Indonesia untuk Vietnam. Langkahnya mengikuti jejak para wartawan senior pendahulu seperti Adam Malik, August Marpaung, dan Makmur Widodo.

Di kalangan internal kantor berita nasional ini, Kusaeni mengatakan, Dja'far adalah peletak tonggak komputerisasi di redaksi dan produk kantor tersebut pada akhir 1980-an. Berbekal hibah komputer NEC dari Jepang, tutur dia, Dja'far memelopori era komputerisasi di dunia pers Indonesia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com