Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hitung Cepat MSS: Pilgub Maluku Dua Putaran

Kompas.com - 11/06/2013, 22:25 WIB
Kontributor Ambon, Rahmat Rahman Patty

Penulis

AMBON, KOMPAS.com — Hasil hitung cepat lembaga survei Media Survei dan Strategi (MSS), Selasa (11/6/2013), menyebutkan bahwa pilkada di Maluku akan berlangsung dalam dua putaran.

Dalam rilis tersebut, pasangan nomor urut 1 Abdullah Tuasikal-Hendrik Leweriss (Tulus) memperoleh 21, 23 persen suara; pasangan nomor urut 2 Jakobus Putileihalat-Arifin Tapi Oyihoe (Bob-Arif) 13,94 persen; pasangan nomor urut 3 Abdullah Vanath-Martin Jonas Maspaitella (Damai) 21,86 persen suara; pasangan nomor urut 4 Herman Koedoeboen-Daud Sangadji (Mandat) 19,32 persen suara, dan pasangan nomor urut 5 Said Assagaf-Zeth Sahuburua (Setia) 23, 65 persen suara.

Direktur MSS, Husein Marasabessy, dalam konfrensi pers di salah satu hotel di Ambon, Selasa malam, mengatakan, metode yang dilakukan dalam hitung cepat tersebut memakai multistage random sampling dengan tingkat margin of error 1 persen.

Dalam hitung cepat tersebut, Husein juga menerangkan pihaknya baru merekap 88,33 persen suara yang masuk dari 300 TPS yang dijadikan sebagai sampel dengan jumlah partisipasi pemilih mencapai 74,70 persen.

Dia menjelaskan, pasangan "Setia" dipastikan telah aman di putaran kedua dan hanya tinggal menunggu salah satu dari dua pasangan calon yang memiliki suara terbanyak kedua. Menurutnya, pihaknya tidak dapat mengambil kesimpulan siapa yang akan mendukung pasangan "Setia" di putaran kedua karena perbedaan suara yang sangat tipis di antara pasangan "Damai" dan "Tulus".

"Pilgub Maluku akan berlangsung dua putaran. Hal ini setelah lima pasangan calon tidak memenuhi syarat menang satu putaran. Pasangan "Setia" telah aman dan hanya tinggal menunggu salah satu pasangan lain yang jumlah suaranya terbanyak kedua. Kita tidak bisa menentukan siapa yang akan mendampingi pasangan "Setia" karena selisih suara yang sangat tipis," ujar Husein.

Dalam rilis tersebut, Husein juga membeberkan hasil kemenangan sementara pasangan cagub dan cawagub di 11 kabupaten dan kota di mana pasangan "Mandat" unggul di lima wilayah di Maluku, yakni di Kota Tual, Ambon, Maluku Tenggara, dan Maluku Tenggara Barat (MTB). Sementara pasangan "Setia" unggul di tiga wilayah, yakni di Kabupaten Buru, Kabupaten Buru Selatan, dan Kabupaten Maluku Barat Daya (MBD).

Pasangan "Damai" unggul di Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT). Pasangan "Tulus" menang di Kabupaten Maluku Tengah dan pasangan Bob-Arif dominan di Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB).

Husein mengaku pihaknya kesulitan merekap 100 persen suara karena terkendala masalah geografis dan sulitnya akses komunikasi. Meskipun demikian, dia meyakini jika 12 persen sisa suara tidak dapat memengaruhi hasil hitung cepat yang sudah diumumkan.

"Sebanyak 12 persen suara yang belum masuk itu tersebar di SBT, Malra, Aru, dan MBD, tapi memang itu tidak akan memengaruhi hasil yang kami rilis ini, dan kami kira perbedaan dengan hasil resmi KPU hanya 0,5 persen," jelasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com