Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bangkalan Verifikasi TKI yang Tewas Saat Rusuh di KJRI Jeddah

Kompas.com - 10/06/2013, 22:53 WIB
Kontributor Pamekasan, Taufiqurrahman

Penulis

BANGKALAN, KOMPAS.com — Seorang tenaga kerja wanita Indonesia asal Kabupaten Bangkalan, Jawa Timur, tewas dalam peristiwa kerusuhan yang terjadi di Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Jeddah, Minggu (9/6/2013) kemarin. Korban tewas diketahui bernama Marwah binti Hasan (55).

Sekretaris Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Bangkalan, Siti Aminah, Senin (10/06/2013), saat dikonfirmasi, mengaku belum mendapat informasi yang jelas dan bisa dipertanggungjawabkan. Pasalnya, belum ada laporan secara lisan ataupun tertulis yang diterimanya.

"Kerusuhan di KJRI kemarin itu infonya ada TKI asal Bangkalan yang meninggal, tapi itu masih kabar yang belum jelas sumbernya," katanya.

Dijelaskan Aminah, meskipun pihaknya belum menerima laporan secara tertulis, pihaknya akan melakukan pencocokan dan verifkasi ulang nama seperti yang sudah dilansir di media dengan data yang ada di Dinsosnakerstrans.

"Data yang ada di kami terkait nama TKW itu masih akan diverifikasi. Kami juga akan berkoordinasi dengan Pemprov Jatim soal kebenaran informasi tersebut," tandasnya.

Sebelumnya diberitakan, ribuan TKI asal Indonesia di Jeddah, Arab Saudi, mengamuk di KJRI, Minggu (9/6/2013). Mereka membakar berbagai peralatan di pintu masuk KJRI untuk melakukan pembakaran gedung.

Aksi tersebut dipicu kemarahan atas proses dokumen perjalanan. Kerusuhan ini adalah buntut dari insiden pada Sabtu (8/6/2013). Saat itu, para pekerja perempuan Indonesia "menyerbu" konsulat untuk mendapatkan dokumen perjalanan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com