Kompas.com - 10/06/2013, 22:53 WIB
|
EditorFarid Assifa

BANGKALAN, KOMPAS.com — Seorang tenaga kerja wanita Indonesia asal Kabupaten Bangkalan, Jawa Timur, tewas dalam peristiwa kerusuhan yang terjadi di Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Jeddah, Minggu (9/6/2013) kemarin. Korban tewas diketahui bernama Marwah binti Hasan (55).

Sekretaris Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Bangkalan, Siti Aminah, Senin (10/06/2013), saat dikonfirmasi, mengaku belum mendapat informasi yang jelas dan bisa dipertanggungjawabkan. Pasalnya, belum ada laporan secara lisan ataupun tertulis yang diterimanya.

"Kerusuhan di KJRI kemarin itu infonya ada TKI asal Bangkalan yang meninggal, tapi itu masih kabar yang belum jelas sumbernya," katanya.

Dijelaskan Aminah, meskipun pihaknya belum menerima laporan secara tertulis, pihaknya akan melakukan pencocokan dan verifkasi ulang nama seperti yang sudah dilansir di media dengan data yang ada di Dinsosnakerstrans.

"Data yang ada di kami terkait nama TKW itu masih akan diverifikasi. Kami juga akan berkoordinasi dengan Pemprov Jatim soal kebenaran informasi tersebut," tandasnya.

Sebelumnya diberitakan, ribuan TKI asal Indonesia di Jeddah, Arab Saudi, mengamuk di KJRI, Minggu (9/6/2013). Mereka membakar berbagai peralatan di pintu masuk KJRI untuk melakukan pembakaran gedung.

Aksi tersebut dipicu kemarahan atas proses dokumen perjalanan. Kerusuhan ini adalah buntut dari insiden pada Sabtu (8/6/2013). Saat itu, para pekerja perempuan Indonesia "menyerbu" konsulat untuk mendapatkan dokumen perjalanan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.