Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gubernur Sulsel Lepas Tembakan ke Udara Awali Perburuan Tikus

Kompas.com - 10/06/2013, 19:15 WIB
Kontributor Polewali, Junaedi

Penulis

PINRANG, KOMPAS.com - Gubernur Sulawesi Selatan Syahrul Yasin Limpo melepas tembakan ke udara sebagai tanda dimulainya gerakan perburuan hama tikus di Desa Lerang, Kecamatan Landrisang, Kabupaten Pinrang, Senin (10/6/2013) sore tadi.

Populasi tikus di daerah itu berkembang sangat cepat hingga mencapai 2.000 ekor dalam waktu 2,5 bulan untuk satu tikus betina. Hama ini masih menjadi musuh paling utama para petani di Pinrang.

Dirjen penanggulangan hama dan penyakit Kementerian Pertanian Erma Budianto yang mendampingi Gubernur Sulsel mengatakan, serangan hama tikus menyebabkan penurunan produksi padi secara nasional hingga 158.000 ton per tahun.

Sementara itu, puluhan kelompok tani yang hadir dalam pencanangan gerakan perang terhadap tikus secara di Sulawesi Selatan memamerkan beragam teknologi dan alat pernangkap tikus untuk mengamankan petak-petak sawah mereka dari serangan hama tikus.

Petani Pinrang, misalnya, mengumpulkan dan memamerkan ribuan ekor tikus yang mereka tangkap hanya dalam dua hari. Tikus-tikus berukuran kecil hingga jumbo ini sempat menjadi perhatian Syahrul Yasin Limpo dan Erma Budianto.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com