Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Polisi Parepare Ringkus Pria Pembawa 4.000 Detonator

Kompas.com - 08/06/2013, 17:10 WIB
Kontributor Pinrang, Suddin Syamsuddin

Penulis

PAREPARE, KOMPAS. com - Aparat Polres Parepare, Sulawesi Selatan menangkap seorang pria yang membawa 4.000 detonator alias pemicu bahan peledak asal Nunukan, Kalimantan Timur, Jumat (7/6/2013) malam.

Awalnya polisi mengintai pelaku bernama Jhon yang hendak mengambil detonator dari Kapal Motor (KM) Thalia di pelabuhan Nusantara Kota Parepare. Petugas kemudian menguntit pelaku hingga ke rumah salah seorang pengusaha, AS, warga Kecamatan Soreang, Kota parepare.

Jhon awalnya berusaha mengelabui petugas saat setelah mengambil detonator dengan berkeliling pakai mobil bernomor polisi DD 888 XM hingga malam hari. Namun akhirnya John disergap saat hendak masuk ke rumah temannya, AS, yang merupakan pengusaha di Parepare.

"Dari informasi masyarakat, Jhon tertangkap tangan membawa ribuan detonator di atas mobilnya. Detonator yang kami amankan sekitar 4.000 biji," jelas Kasat Reskrim Polres Parepare Wahyudi Rahman kepada wartawan di ruang kerjanya, Jumat (7/6/2013) malam.

Warga Kebun Sayur, Kelurahan Bukit Indah, Kecamatan Soreang ini kemudian digelandang ke Mapolres Parepare diperiksa lebih lanjut. Berdasarkan pengakuan pelaku, kata Wahyudi, detonator sebanyak 40 dos (satu dos berisi 100 biji) akan dijual ke nelayan sebagai pemicu bom ikan.

"Tersangka mengakui akan menjual detonator tersebut ke nelayan setempat untuk digunakan sebagai bom ikan," jelas Wahyudi.

Wahyudin menyatakan, pihaknya akan melakukan pengembangan kasus tersebut. Sebab, polisi curiga pelaku memiliki sindikat penjualan detonator di berbagai daerah, termasuk di Poso.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com