Kompas.com - 07/06/2013, 15:25 WIB
|
EditorGlori K. Wadrianto

BANDUNG, KOMPAS.com — Sebanyak 31 orang pedagang dan pemilik kios di pusat perdagangan busana grosir dan eceran Pasar Baru Trade Center melakukan aksi demonstrasi, Jumat (7/6/2013). Aksi tersebut adalah bentuk penolakan terhadap rencana pembangunan pusat perbelanjaan bernama Pasar Baru Square.

Menurut Koordinator aksi sekaligus salah satu pedagang, Iwan Suherman, rencana pembangunan pusat perbelanjaan baru yaitu Pasar Baru Square yang rencananya dibangun di depan Pasar Baru Trade Center sebenarnya telah melanggar ketentuan Peraturan Presiden Nomor 112 Tahun 2007 dan Keputusan Menteri Perindustrian dan Perdagangan Nomor 420/MPP/Kep/10/1997 dan Peraturan Daerah Kota Bandung Nomor 2 Tahun 2004 yang menyatakan bahwa tidak dibenarkan terdapat dua pasar dalam radius 500 meter.

"Tujuan kita melakukan aksi ini adalah penolakan pembangunan Pasar Baru Square. Peraturannya sudah ada, dan tidak boleh ada pasar sejenis," kata Iwan saat ditemui di sela aksi.

Selain itu, penamaan pusat perbelanjaan anyar dengan menggunakan nama "Pasar Baru" dinilai akan merugikan 4.500 pemilik toko dan kios di Pasar Baru Trade Center. Pasar Baru Trade Center sendiri telah berdiri sejak tahun 1906 dan telah mengalami lima kali pemugaran.

"Nama Pasar Baru ini cuma satu, yaitu di Jalan Otto Iskandardinata nomor 70. Kalau tetap pakai nama 'Pasar Baru', jelas merugikan para pedagang karena akan menimbulkan persaingan yang tidak sehat. Kalau orang luar yang tidak tahu, maka mereka akan datang ke sana (Pasar Baru Square). Padahal seharusnya datang ke kita," jelas Iwan.

Kalaupun tetap dibangun, lanjut Iwan, pusat perbelanjaan tersebut tidak boleh menggunakan nama Pasar Baru yang dikatakannya sudah tenar di beberapa negara Asia Tenggara sebagai pusat fashion murah dan berkualitas. "Minimal bicara dulu dengan himpunan pedagang. Jangan main bikin nama sendiri. Aksi kami ini ingin menyampaikan agar tidak menjadi saru," serunya.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X