Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Harga Emas Tertekan India dan The Fed

Kompas.com - 06/06/2013, 22:45 WIB

SINGAPURA, KOMPAS.com - Harga kontrak emas dunia ditransaksikan merosot pada sore hari ini (6/6/2013). Mengutip data Bloomberg, siang tadi, harga emas di pasar spot turun sebesar 0,4% menjadi US$ 1.398,27 per troy ounce. Pada pukul 10.24 waktu Singapura, kontrak yang sama diperdagangkan di level US$ 1.401,50.

Penurunan harga emas dipicu oleh kebimbangan investor mengenai ekonomi AS. Para pelaku pasar mulai bertanya-tanya apakah ekonomi AS cukup kuat jika the Federal Reserve menghentikan stimulusnya. Faktor lainnya adalah pelarangan impor emas oleh pemerintah India.

"India berupaya untuk menurunkan tingkat permintaan emas karena langkah sebelumnya belum memiliki dampak apapun. Namun, faktor tersebut tidak terlalu signifikan. Investor lebih menunggu langkah the Fed selanjutnya," jelas Feng Liang, analis GF Futures Co di Guangzhou.

Kemarin (5/6), harga kontrak emas naik 0,3% setelah data ekonomi AS menunjukkan hanya sedikit perusahaan AS yang merekrut karyawan dibanding prediksi ekonom pada Mei lalu. Hal ini akan mendorong the Fed untuk mempertahankan kebijakan stimulus mereka. (Barratut Taqiyyah/Kontan)

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com