Kompas.com - 06/06/2013, 13:25 WIB
|
EditorAna Shofiana Syatiri

JAKARTA, KOMPAS.com - Berkas penyidikan Alanshia (33), tersangka tunggal pembunuhan sadis dengan cara dimutilasi di Ancol, Jakarta Utara, telah rampung di Kejaksaan Negeri Jakarta Utara. Tersangka pun siap untuk disidangkan.

"Berkas pidana tersangka Alanshia, sudah P21," ujar Kepala Satuan Reserse Kriminal Kepolisian Resortro Jakarta Utara, AKBP Daddy Hartadi melalui pesan singkatnya, Kamis (6/6/2013).

Daddy menjelaskan, selain kasus pembunuhan sadis, Alanshia juga diduga telah melakukan penyalahgunaan narkotika jenis sabu-sabu sebelum membunuh. Oleh sebab itu, Polisi turut menyidangkan kasus penyalahgunaan narkotika tersebut.

"Rencananya berkas kasus pembunuhan akan dilimpahkan bersama dengan kasus narkobanya. Tapi penyelidikannya terpisah," tutur Daddy.

Alanshia membunuh rekannya Tonny Arifin Djonin (45) di salah satu gudang milik Mediterania Marina Residence Ancol, Jakarta Utara, Senin (11/3/2013) pukul 19.00 WIB. Pembunuhan itu dilatarbelakangi permasalahan utang Rp 400 juta yang baru dibayar setengah oleh tersangka.

Berdasarkan hasil rekonstruksi, Alanshia semula datang menemui Tonny di TKP. Keduanya sempat mengonsumsi narkotika jenis sabu. Komunikasi di antara keduanya pun berujung pada cekcok dan akhirnya Alanshia membunuh rekannya itu.

Sebanyak 11 potongan tubuh korban dimasukkan ke dalam sebuah koper, dua kardus, dan lima kantong plastik. Kardus dan koper disimpan di bagian belakang lantai satu, sedangkan kantong plastik disembunyikan di atas plafon lantai satu.

Keesokan harinnya, Selasa (12/3/2013), Alanshia melarikan diri ke Surabaya. Sementara, potongan jasad ditemukan Rabu (13/3/2013).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.