Kompas.com - 05/06/2013, 16:24 WIB
|
EditorFarid Assifa

YOGYAKARTA, KOMPAS.com — Primus Yigo Yame, seorang mahasiswa sebuah perguruan tinggi swasta (PTS) di Yogyakarta, ditetapkan sebagai tersangka penganiayaan terhadap Kasi Humas Polsek Depok Barat Aiptu Muhammad Affandi pada Senin (3/6/2013) lalu.

Kapolres Sleman AKBP Hery Sutrisman mengatakan, pelaku dijerat Pasal 351 KUH Pidana tentang Penganiayaan.

"Korban sendiri saat itu ingin melerai keributan, namun malah dipukul. Menurut keterangan saksi Made, ada aksi perampasan sebelum terjadi keributan," ungkapnya, Rabu (5/6/2013).

Sampai saat ini pihaknya tengah mendalami keterangan korban Made Anggara yang mengaku sempat dibuntuti tersangka sebelum tasnya dirampas. Secara resmi korban sudah melaporkan kejadian itu ke Mapolres Sleman.

Sementara itu, Kapolda DIY Brigjen (Pol) Haka Astana saat ditemui seusai penandatanganan MoU di Polda DIY, Selasa (4/6/2013), menyatakan, kepolisian akan menindak tegas pelaku penganiaya anggotanya yang tengah bertugas. Karena itu, proses hukum harus tetap diberlakukan.

"Tetap diproses secara hukum, kan Pak Gubernur sudah mengatakan, proses hukum ya proses hukum," tegas Haka.

Dia mengungkapkan, meski pelaku kemungkinan memiliki massa di belakangnya, tetapi tidak akan menyurutkan niat kepolisian menahan pelaku. Proses hukum ditegakkan agar masyarakat bisa tertib.

"Proses hukum ditegakkan bukan karena korbannya merupakan anggota kepolisian, tetapi sebagai bentuk penegakan hukum agar masyarakat bisa ditertibkan," pungkasnya.

Seperti yang diberitakan sebelumnya, Primus Yigo Yame menganiaya Aiptu Muhammad Affandi di depan pertigaan Olifant, Demangan, Sleman, Senin pagi. Saat itu korban berusaha melerai keributan yang melibatkan pelaku.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.