Kompas.com - 05/06/2013, 15:34 WIB
|
EditorFarid Assifa

KOLAKA, KOMPAS.com — Harga jengkol di pasar sentral Kolaka menembus harga Rp 40.000/kg. Setelah harganya melonjak, stok jengkol tiba-tiba hilang dari peredaran. Padahal minat masyarakat Kolaka terhadap jengkol terbilang tinggi.

"Kami tidak tahu kenapa (jengkol) tiba-tiba hilang," ucap Samsidar.

Menurutnya, para pedagang tidak mengetahui stok jengkol hilang begitu saja. Terlebih lagi selama ini memang tidak ada pemasok besar terhadap jenis sayuran ini.

"Biasanya kami diantarkan sama beberapa orang, itu pun bukan dalam jumlah besar. Memang di Kolaka jengkol itu laris manis. Jengkol itu ada penikmat tersendirinya, jadi tidak secara umum. Tapi tiba-tiba tidak lagi kelihatan. Sudah hampir seminggu tidak diantarkan," katanya, Rabu (5/6/2013).

Meskipun bukan merupakan barang dagangan utama, para pedagang juga berharap agar jengkol tersedia lagi untuk dijual. "Memang sih bukan jualan andalan, tapi biasanya kalau kami disuplai satu karung itu biasa habis dalam satu hari," jelasnya.

Hilangnya jengkol bukan hanya di pasar sentral Kolaka. Pedagang di beberapa pasar tradisonal pun merasakan hal yang sama. Rosma, misalnya, penjual sayur mayur ini mengatakan sulit mendapatkan jengkol baik itu dari petani langsung maupun pengepul yang biasa berjualan secara partai di pasar tradisional.

"Memang betul Pak. Dalam beberapa hari terakhir itu tidak ada jengkol yang bisa dijual. Alasannya pun kami tidak tahu. Kalau saya itu sangat dirugikan Pak, apalagi saya pedagang sayur, dan punya pelanggan jengkol tiap hari. Harapan kami semoga jengkol ini tidak seperti bawang merah, yang dulu hilang betul dari pasaran," harapnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.