Kompas.com - 05/06/2013, 14:13 WIB
|
EditorGlori K. Wadrianto

KARO, KOMPAS.com - Ratusan warga Desa Kuta Gugung, Kabupaten Karo menghadang mobil polisi dan Pengadilan Negeri Kabanjahe, Rabu (5/6/2013). Mereka meminta agar polisi dan petugas PN Kabanjahe mendatangkan Ganci Sitepu. Ganci adalah salah satu pihak yang memenangkan sengketa lahan di daerah itu.

Kedatangan polisi dan petugas PN Kabanjahe mulanya untuk mengeksekusi lahan sengketa seluas enam hektar yang dimenangkan Ganci di tingkat banding. Namun, eksekusi tersebut dihalangi ratusan warga.

Mereka adalah para warga yang merasa berhak atas lahan tersebut. Tak tertinggal, ada ratusan warga yang simpati terhadap rekannya yang rumahnya hendak digusur.

Sejak pagi warga mulai berkumpul. Lalu, warga memblokade jalan dengan tumpukan batu dan membakar ban bekas. Sesaat kemudian, terjadi dialog antara warga dan petugas PN Kabanjahe. Sayang, dilaog buntu karena warga menolak eksekusi.

"Kami meminta kasus ini diselesaikan sekarang. Datangkan dulu Ganci Sitepu kemari. Eksekusi ini harus batal. Kalau tidak batal, polisi tak bisa pulang," kata koordinator warga M Yusuf Tarigan (65). Hingga saat ini, mobil polisi masih dikepung warga. Mereka bahkan menghalangi mobil itu dengan dua mobil bak terbuka.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.