Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lima Petambang Pasir Tewas Tertimbun

Kompas.com - 05/06/2013, 03:10 WIB

Slawi, Kompas - Lima warga Desa Karangmulya, Kecamatan Bojong, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah, tewas tertimbun longsor saat menambang pasir di desanya, Selasa (4/6). Peristiwa tersebut terjadi sekitar pukul 14.00 dan pada Selasa petang semua korban yang tertimbun reruntuhan tebing setinggi 6 meter dievakuasi.

Kelima korban tersebut adalah Khotimah (50), Sapuroh (55), Rumanah (50), Abdul Khamid (45), dan Tarmudi (60), semuanya warga RT 004 RW 003, Desa Karangmulya.

Camat Bojong Muhtadi mengatakan, peristiwa itu terjadi saat para korban sedang mencari pasir di bawah tebing. Mereka merupakan petambang pasir tradisional yang bekerja dengan peralatan sederhana.

Saat kejadian, kondisi cuaca terang dan tidak turun hujan. Tiba-tiba, tanah tebing di samping para korban longsor dan menimpa mereka. Kelima korban tak sempat menghindar.

Menurut Muhtadi, daerah tersebut memang rawan longsor. Meski tidak hujan, karena kondisi tanah gembur, tetap mudah longsor. Arif Rahman dari bagian Humas Galawi Rescue, selaku Tim SAR Kabupaten Tegal, mengatakan, untuk mengantisipasi terjadinya bencana serupa, Tim SAR bersiaga penuh 24 jam.

Longsor Cimuncang

Pemerintah Provinsi Jawa Barat mendata ulang jumlah pengungsi bencana longsor dan pergerakan tanah di Desa Cimuncang, Majalengka. ”Untuk memastikan warga direlokasi ke tempat baru, akan dibuat surat pernyataan khusus dengan warga,” ujar Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Jabar Udjwalaprana Sigit, Selasa.(WIE/REK)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com