Kompas.com - 04/06/2013, 19:59 WIB
|
EditorFarid Assifa

SITUBONDO, KOMPAS.com — Misyono, penemu patung Dewi Laksmi peninggalan kerajaan Majapahit di hutan Baluran, Situbondo, Jawa Timur, meminta kompensasi kepada Pemerintah Kabupaten Situbondo. Patung yang ditemukan itu dipastikan keasliannya sebagai benda purbakala. Hal itu diperkuat oleh hasil penelitian dari Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Mojokerto Wilker Jatim bersama Dinas Kebudayaan dan Pariwisata.

Kendati keaslian patung itu sebagai benda cagar budaya terjamin, hingga kini sang penemunya, Misyono, belum juga mendapat kompensasi dari Pemerintah Kabupaten Situbondo. Karena itu, Misyono pun mengirim surat ke Bupati Situbondo.

"Kami terpaksa mendatangi kantor Desa Sumberwaru untuk mengirimkan surat kepada Pemerintah Kabupaten Situbondo, menanyakan kompensasi tentang penemuan benda cagar budaya," kata Ketua Paguyuban Relawan Baluran (PRB) Agus Riyanto saat mendampingi Misyono, Selasa (4/6/2013).

Menurut Agus, surat permohonan kompensasi penemuan benda cagar budaya itu akan dikirim langsung kepada Bupati Situbondo dengan tembusan Dinas Pariwisata Budaya Pemuda dan Olahraga dan Forum Pencinta Cagar Budaya (FPCB) Situbondo.

Lanjut Agus, kompensasi tersebut sudah sesuai Pasal 24 Ayat 1 UU RI Nomor 11 tahun 2010 tentang Cagar Budaya. Pasal tersebut berbunyi, "Setiap orang berhak memperoleh kompensasi apabila benda, bangunan, struktur, atau lokasi yang ditemukannya ditetapkan sebagai cagar budaya.

Hal itu diperkuat pula oleh Pasal 33 Ayat 3 yang berbunyi, "Penemu benda, bangunan, dan/atau struktur yang telah ditetapkan sebagai benda cagar budaya, bangunan cagar budaya, dan /atau struktur cagar budaya berhak mendapat kompensasi.

"Atas dasar itulah, kami langsung mendampingi Misyono untuk mengirim surat kepada Bupati Situbondo," beber Agus Riyanto.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Misyono mengaku, setelah menemukan patung purbakala itu dirinya hanya diberi uang Rp 250.000 oleh FPCB saat mengantarkan patung. Adapun dari Dinas Kebudayaan dan Bupati Situbondo, Misyono hanya mendapat Rp 500.000 untuk transportasi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.