Kompas.com - 04/06/2013, 18:45 WIB
|
EditorFarid Assifa

KENDAL, KOMPAS.com - Perampokan dengan modus gembos ban terjadi di Jalan Pantura, Weleri, Kendal, Jawa Tengah. Karyawan Bank Perkreditan Rakyat Weleri dirampok seusai mengambil uang dari Bank Mandiri, Selasa (4/6/2013). Uang sebesar Rp 350 juta yang disimpan di jok depan mobil Xenia H 9102 S pun digondol pelaku.

Pemilik mobil Xenia, Imam Heri Setiawan yang juga Kabid Operasional BPR Weleri Makmur menceritakan, kejadian berawal saat ia bersama seorang sopir bernama Hermawan Setia Budi melaju ke Weleri Kota seusai mengambil uang di Bank Mandiri Cabang Weleri. Namun saat akan kembali ke kantornya, ban belakang kiri mobil Xenia yang mereka tumpangi kempis.

"Karena kempis, akhrinya kami berhenti di Jalan Seokarno-Hatta, Desa Weleri untuk mengganti ban," kata Imam.

Saat mengganti ban, tiba-tiba muncul pengendara moto Scorpio hitam berboncengan mendekati mobil tersebut, lalu mereka mengambil uang yang berada di jok tengah kiri. Setelah itu, kedua pelaku melarikan diri ke arah utara.

"Padahal pintu kanan sudah saya kunci semua. Tapi yang bagian sopir jendela memang terbuka sedikit. Kemudian saya sadar ada 2 orang naik Scorpio hitam di dekat pintu mobil. Saya kejar nggak nyampai. Mereka lari ke utara," ujarnya.

Salah seorang saksi mata, Yanto (23) sempat melihat dua orang nongkrong di sekitar lokasi kejadian. Saat korban mengganti ban yang kempis, pelaku langsung mendekat dan mengambil sesuatu dari Xenia.

"Waktu kejadian keadaan sepi. Pelaku yang di belakang perawakannya kecil, pakaian serba hitam dan tidak menggunakan helm. Mungkin korban sudah diincar, karena pelaku sudah nongkrong sekitar 1 jam di situ (TKP, red)," kata Yanto yang berprofesi sebagai penarik becak.

Sementara itu, Kapolres Kendal AKBP Asep Jenal Ahmadi melalui KBO Reskrim Polres Kendal Iptu Abdulah Umar mengatakan, dugaan sementara pelaku berjumlah dua orang mengendarai motor Yamaha Scorpio hitam bernopol B 6768 PUZ.

Menurutnya, pelaku memanfaatkan kelengahan korban saat mengganti ban. "Kita masih mengembangkan kasus ini. Dugaan sementara pelaku beraksi memanfaatkan kelengahan korban saat mengganti ban," kata Umar.

Pelaku yang diduga mengendarai Scorpio hitam itu hingga kini masih buron.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X