Kompas.com - 04/06/2013, 14:51 WIB
|
EditorGlori K. Wadrianto

KEDIRI, KOMPAS.com - Sebuah tabung kompresor ukuran jumbo yang biasa digunakan sebagai alat mengisi udara pada ban khusus truk di Jalan Supersemar, Kota Kediri, Jawa Timur, Selasa (4/6/2013), meledak. Akibat peristiwa itu, dua orang luka ringan dan dua rumah mengalami rusak.

Peristiwa itu bermula saat Sunarto (52), pemilik kompressor, baru saja melakukan pengisian udara pada tabung kompressor yang diletakkannya tepat di depan rumahnya yang bersebelahan dengan jalan raya.

Selang beberapa saat kemudian, kompressor tersebut meledak dengan suara dahsyat. Tekanan ledakan menghancurkan atap dari teras dan beberapa kaca ventilator rumah Sunarto, serta memecahkan kaca depan rumah Joko Rudianto, saudara Sunarto, yang terletak bersebelahan.

Sementara Sunarto terpental, namun hanya mengalami luka lecet pada pergelangan tangan kanannya. Korban kedua adalah Sukarti (56), istri Joko Rudianto, yang mengalami luka robek pada betis kaki dan lecet pada bagian leher akibat serpihan kaca dan kayu yang terbawa ledakan.

Saat kejadian, ia sedang duduk-duduk di depan rumahnya. Karti kemudian dibawa ke RSUD Gambiran untuk mendapatkan perawatan medis.

Siswoyo, anak kedua Sunarto, mengatakan, tidak mengetahui pasti penyebab ledakan itu. Saat pengisian udara pada tabung, menurutnya, hanya diisi setengah dari kapasitas aslinya.

"Usia tabung memang sudah tua. Bapak mulai menggunakannya sejak tahun 1982," kata Siswoyo saat ditemui di lokasi kejadian.

Kepala Satuan Reserse Kriminal Polres Kediri Kota, Ajun Komisaris Polisi Siswandi mengatakan, saat ini pihaknya masih melakukan penyelidikan untuk mengungkap penyebab ledakan itu, termasuk mempelajari unsur usia penggunaan pada tabung itu.

"Pemilik masih dimintai keterangan di mapolsek," kata Siswandi. Meskipun tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu, Siswoyo mengaku mengalami kerugian material hingga Rp 50 juta. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.