Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Keluarga Pedagang Gagalkan Penggusuran

Kompas.com - 04/06/2013, 03:12 WIB

JEMBER, KOMPAS - Upaya bongkar paksa pasar penampungan sementara yang dihuni pedagang eks Pasar Kencong, Jember, Jawa Timur, Senin (3/6), gagal dilakukan. Ratusan aparat gabungan dari satuan polisi pamong praja, TNI AD, dan Kepolisian Resor Jember dihadang ribuan orang, di antaranya keluarga sekitar 700 pedagang.

Wakil Kepala Polres Jember Komisaris Cecep Susetya di Jember mengatakan, para petugas sejak awal memang diminta tidak berbenturan dengan pedagang. Para petugas lebih mengutamakan mediasi untuk memindahkan pedagang ke pasar yang baru.

Kepala Dinas Pasar Hasi Madani mengatakan, berbagai upaya mediasi antara pedagang dan pemerintah sudah dilakukan, tetapi pedagang tetap menolak pindah. ”Kami sudah lama menunggu pedagang pindah ke pasar baru,” ujarnya.

Menurut Hasi, sebagian pedagang sebenarnya ingin pindah ke pasar yang baru. ”Hampir 100 pedagang sudah mendaftar untuk membeli lokasi baru. Namun, sebagian takut pindah karena ada intimidasi,” katanya.

M Sholeh, koordinator di pasar penampungan, mengatakan, dari seluruh pedagang yang masih bertahan, tercatat hanya 9-10 pedagang yang mau pindah ke lokasi baru. ”Mereka bertahan sampai gugatan class action dikabulkan,” ujarnya.

Dari Batam, Kepulauan Riau, dilaporkan, sebagai tanda protes, warga dari delapan perumahan di Simpang Kara berunjuk rasa dengan membangun kios pedagang kaki lima di kantor wali kota. Selain itu, mereka juga membentangkan spanduk yang berisi protes. (SIR/RAZ)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com