Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kabakaran di Manado, 9 Rumah Hangus

Kompas.com - 03/06/2013, 19:04 WIB
Kontributor Manado, Ronny Adolof Buol

Penulis

MANADO, KOMPAS.com — Kebakaran kembali melanda Kota Manado, Senin (3/6/2013), sekitar pukul 13.00 Wita. Sebelumnya sebuah papan reklame berupa TV LCD di ruas jalan utama habis terbakar. Kali ini sembilan rumah penduduk hangus terbakar.

Kebakaran yang terjadi di Kelurahan Bumi Beringin Lingkungan I dan II, Kecamatan Wenang, tersebut memaksa 53 jiwa mengungsi. Dari 53 pengungsi tersebut, lima orang di antaranya masih bayi dan 6 orang lanjut usia.

Kepala Lingkungan I Jemmy Rampen menjelaskan, api berasal dari rumah keluarga Ratulangi-Limpong, dan muncul sekitar pukul 12.00 Wita. Api kemudian terus menjalar ke rumah milik keluarga Limpong-Tiwow dan keluarga Buyung.

Angin yang bertiup cukup kencang membuat api dengan cepat menjalar dan menghanguskan rumah lainnya. Lokasi yang berada di lorong yang sempit membuat petugas pemadam kebakaran kesulitan memadamkan api.

Penyebab kebakaran belum bisa dipastikan, tetapi beberapa saksi mata menduga bahwa api berasal dari hubungan pendek arus listrik salah satu rumah yang terbakar.

Sementara itu, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sulawesi Utara Ir Hoyke Makarawung mengatakan, pihaknya sudah menyiapkan bantuan untuk korban kebakaran.

"Mobil dapur umum sudah kami kerahkan ke lokasi kejadian. Pemantauan dan pendampingan juga akan dilaksanakan," ujar Makarawung.

Dalam dua minggu terakhir setidaknya sudah ada empat kebakaran yang terjadi di Kota Manado.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com