Kompas.com - 03/06/2013, 16:08 WIB
EditorErvan Hardoko

TAIPEI, KOMPAS.com — Mantan Presiden Taiwan Chen Shui-bian dilaporkan melakukan upaya bunuh diri di sel tahanannya di Penjara Taichung.

Dalam sebuah pernyataan Kementerian Kehakiman Taiwan, Chen Shui-bian ingin menghabisi hidupnya sendiri pada Minggu (2/6/2013) malam waktu setempat.

Dia berupaya gantung diri dengan menggunakan handuk di kamar mandi penjara, tetapi dapat dihentikan oleh sipir penjara. Dia kini dilaporkan dalam kondisi stabil.

Chen Shui-bian (62) menjabat presiden pada periode 2000-2008 dan tengah menjalani masa 20 tahun penjara dalam kasus korupsi.

Chen disebut mencoba bunuh diri sebagai protes atas kasus korupsi yang dituduhkan kepadanya.

Dia dinyatakan bersalah melakukan korupsi karena menggunakan dana khusus kepresidenan untuk melakukan diplomasi rahasia Taiwan.

Sebelum melakukan upaya bunuh diri, Chen juga beberapa kali menjalani perawatan medis akibat masalah kesehatan, termasuk sakit jantung yang dideritanya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Chen meninggalkan partainya, Progresif Demokratik, atas keinginannya sendiri seusai menyelesaikan jabatan kepresidenan pada tahun 2008.

Pekan lalu Chen mengumumkan rencana untuk kembali ke partai. Namun, pemimpin Partai Progresif Demokratik telah menegaskan bahwa kembalinya Chen dikhawatirkan akan merusak upaya partai untuk membersikan diri dari aura korupsi.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.