Kompas.com - 03/06/2013, 03:36 WIB
EditorBenny N Joewono

SAMPIT, KOMPAS.com - Dewan Adat Dayak (DAD) Kabupaten Kotawaringin Timur Kalimantan Tengah mengajak masyarakat selalu tenang dan menjaga kondisi daerah yang saat ini dinilai sudah sangat kondusif.

"Kami mengimbau kepada masyarakat agar tidak mudah terpancing oleh hasutan-hasutan pihak yang tidak bertanggung jawab dan ingin mengganggu kondisi keamanan. Daerah kita ini sudah kondusif, jadi harus kita jaga. Kita jangan mau diadu domba. Urusan pribadi atau keluarga orang jangan dikait-kaitkan dengan politik," tegas Ketua DAD Kabupaten Kotim, Hamidhan IJ Biring, di Sampit, Minggu (2/6/2013).

Pernyataan itu disampaikan Hamidhan menyikapi makin dekatnya pemilu legislatif serta kemungkinan munculnya isu-isu menyesatkan yang bisa mengganggu kinerja pemerintah daerah dan ketenteraman masyarakat.

Dia berharap masyarakat berpikir positif dan bisa menelaah semua permasalahan yang terjadi. Masyarakat diminta tidak mudah mengambil kesimpulan tanpa melihat fakta-fakta yang ada secara berimbang.

DAD berharap bupati dan Pemerintah Kabupaten Kotim tetap berkonsentrasi menjalankan tugas untuk membangun daerah. Masyarakat akan terus mendukung kinerja pemerintah dalam membangun daerah demi peningkatan kesejahteraan masyarakat.

"Kami berharap bupati mengarahkan SKPD (satuan kerja perangkat daerah) fokus bekerja untuk kepentingan masyarakat. Bupati harus tetap menunjukkan kinerja seperti sekarang ini, yaitu bekerja maksimal untuk membangun daerah," harap Hamidhan.

Secara kelembagaan, DAD Kotim sangat mendukung upaya pemerintah daerah meningkatkan komunikasi dengan masyarakat hingga ke pelosok. Dengan begitu, pemerintah daerah akan lebih mengetahui aspirasi masyarakat sehingga bisa menuangkannya dalam kebijakan daerah.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Kami DAD siap membantu pemerintah daerah jika ingin mengadakan dialog lebih banyak dengan masyarakat. DAD di setiap kecamatan bisa menyiapkan forum dialog yang nantinya juga bisa dimanfaatkan pemerintah daerah untuk meningkatkan komunikasi dengan masyarakat," ujar Hamidhan.

Harapan serupa juga disampaikan Hamidhan didampingi Ketua Pemuda Pancasila Kabupaten Kotim yang juga Wakil Ketua Barisan Pertahanan Masyarakat Adar Kabupaten Kotim, Pungkau Canang. Dia mendukung pemerintah daerah untuk bekerja keras dalam mencari solusi terhadap permasalahan-permasalahan yang sedang dihadapi.

Pungkau meyakinkan bahwa masyarakat selalu mendukung pemerintah daerah dalam membangun daerah karena tujuannya juga untuk masyarakat. Lembaga-lembaga adat siap membantu pemerintah daerah dalam membangun daerah.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.