Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Labuhan Merapi Akan Digelar Pekan Depan

Kompas.com - 02/06/2013, 20:18 WIB
Kontributor Yogyakarta, Wijaya Kusuma

Penulis

YOGYAKARTA,KOMPAS.com - Acara labuhan Merapi yang merupakan kegiatan Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat akan digelar pada Minggu 9-10 Juni 2013 mendatang.

Jika tahun 2010 lalu tempatnya di Alas Bedhengan, tahun ini acara akan dilakukan di Pos I Srimanganti atau sekitar 3,5 Kilometer dari bekas rumah Juru Kunci Merapi Almarhum Mbah Maridjan.

Juru Kunci Gunung Merapi Mas Kliwon Surakso Hargo (Mas Asih) mengatakan pemindahan lokasi dilakukan setelah mempertimbangkan kondisi jalur yang dulu rusak akibat terkena erupsi,kini sudah cukup aman dan bisa dilalui. Selain itu jaraknya juga dekat dengan Merapi.

"Dari Dusun Kinahrejo Umbulharjo sampai dilokasi, diperkirakan memakan waktu sekitar 1,5 hingga 2 jam perjalanan," paparnya. Ia mengungkapkan labuhan Merapi tahun ini adalah Labuhan Alit, karena jatuh pada tahun wawu.

Lebih lanjut Mas Asih menjelaskan ,tanggal 9 Juni ubo rampe atau perlengkapan labuhan dari Keraton ngayogyakarta diserahterimakan di Pendopo Cangkringan. Lalu Ubo rampe itu di simpan dikediaman juru kunci di Huntap karangkendal Umbulharjo.

"Baru tanggal 10 paginya dilabuh di Srimanganti," kata Putra Alm Mbah Marijan. Dalam labuhan besok diperkirakan akan dihadiri sekitar 600 orang baik dari warga masyarakat maupun abdi dalem Karaton Ngayogyakarta.

Sejak beberapa hari lalu para abdi dalem beserta masyarakat sudah mempersiapkan jalur yang nantinya akan dilalui rombongan. Untuk itu dia berharap agar masyarakat yang hadir dan turut serta di acara labuhan bisa mengambil esensinya dan tetap menjaga kesakralan labuhan saat di Srimanganti.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com