Kompas.com - 02/06/2013, 17:19 WIB
|
EditorGlori K. Wadrianto

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Mantan Ketua Makammah Konstitusi RI, Mahfud MD setuju dengan usulan Lembaga Perlindungan Saksi dan korban (LPSK) yang meminta kesaksian 42 saksi kasus Cebongan dilakukan melalui teleconference.

"Bagus itu, Saya setuju. Bahkan MK sudah menggunakan teknologi itu sejak lima tahun yang lalu. Terutama digunakan saat memeriksa orang dari jarak jauh," kata Mahfud MD saat ditemui seusai acara peluncuran Fun Bike Ikatan Keluarga Alumni UII 2013, Minggu (2/6/2013).

Mahfud MD juga mengungkapkan, usulan menggunakan teknologi telekonferensi itu sangat bagus, jika memang tujuannya untuk menghapus gap psikologis antara saksi dan terdakwa dalam kasus penyerangan Lapas kelas IIB Cebongan Sleman.

Mahfud mengungkapkan, sistem di peradilan memang sangat ketat. Harus disumpah dan tandatangan, namun di era teknologi saat ini, semua itu bisa dilakukan dengan simpel. "Toh jika mereka memberikan keterangan palsu bakalan ketahuan juga," ungkap Mahfud.

Seperti yang diberitakan sebelumnya, LPSK yang selama ini mendampingi ke 42 saksi mengusulkan kepada MA, agar kesaksian di persidangan bisa melalui teleconference dengan alasan keamanan dan kenyamanan para saksi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang
     
    Pilihan Untukmu


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.