Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perang Spanduk Masih Marak di Denpasar

Kompas.com - 02/06/2013, 16:54 WIB
Cokorda Yudhistira

Penulis

DENPASAR, KOMPAS.com - Kawasan Kota Denpasar, khususnya di seputaran Renon, hingga Minggu (2/6/2013) petang, masih diwarnai perang spanduk yang berisikan klaim dan juga desakan agar digelar penghitungan ulang suara terkait proses Pilkada Provinsi Bali 2013.

Beberapa spanduk itu bahkan dipasang bertumpuk. Pemantauan di lokasi menunjukkan spanduk-spanduk itu banyak terpasang di seputaran Renon yang merupakan kawasan perkantoran Pemerintah Provinsi Bali.

Selain spanduk yang berisikan desakan penghitungan ulang dengan membuka formulir C1, juga terlihat klaim Pilkada Bali cacat hukum karena kotak suara dibuka sebelum waktunya, dan pernyataan Pilgub Bali belum final karena menunggu hasil Mahkamah Konstitusi.

Sebaliknya, terpasang pula spanduk yang berisikan ucapan terima kasih kepada masyarakat Bali karena sudah melaksanakan Pilkada Bali secara aman dan damai. Ada pula spanduk lain yang berisikan imbauan agar pihak kalah tidak menggugat. Penghitungan suara menempatkan calon petahana, Made Mangku Pastika, memenangkan Pilkada Bali 2013.

Pastika, yang berpasangan dengan I Ketut Sudikerta, memeroleh 50,02 persen dari 2,126 juta suara pemilih di Pilkada Bali 2013. Pastika-Sudikerta sudah ditetapkan KPU Bali sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Bali terpilih hasil Pilkada Bali 2013. Terkait masih terpasangnya spanduk-spanduk klaim dan saling bertentangan itu, Panitia Pengawas Pemilu Bali mengimbau para pihak agar saling menahan diri dan bersama-sama menjaga kondisi kondusivitas Bali.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com