Kompas.com - 02/06/2013, 16:54 WIB
|
EditorGlori K. Wadrianto

DENPASAR, KOMPAS.com - Kawasan Kota Denpasar, khususnya di seputaran Renon, hingga Minggu (2/6/2013) petang, masih diwarnai perang spanduk yang berisikan klaim dan juga desakan agar digelar penghitungan ulang suara terkait proses Pilkada Provinsi Bali 2013.

Beberapa spanduk itu bahkan dipasang bertumpuk. Pemantauan di lokasi menunjukkan spanduk-spanduk itu banyak terpasang di seputaran Renon yang merupakan kawasan perkantoran Pemerintah Provinsi Bali.

Selain spanduk yang berisikan desakan penghitungan ulang dengan membuka formulir C1, juga terlihat klaim Pilkada Bali cacat hukum karena kotak suara dibuka sebelum waktunya, dan pernyataan Pilgub Bali belum final karena menunggu hasil Mahkamah Konstitusi.

Sebaliknya, terpasang pula spanduk yang berisikan ucapan terima kasih kepada masyarakat Bali karena sudah melaksanakan Pilkada Bali secara aman dan damai. Ada pula spanduk lain yang berisikan imbauan agar pihak kalah tidak menggugat. Penghitungan suara menempatkan calon petahana, Made Mangku Pastika, memenangkan Pilkada Bali 2013.

Pastika, yang berpasangan dengan I Ketut Sudikerta, memeroleh 50,02 persen dari 2,126 juta suara pemilih di Pilkada Bali 2013. Pastika-Sudikerta sudah ditetapkan KPU Bali sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Bali terpilih hasil Pilkada Bali 2013. Terkait masih terpasangnya spanduk-spanduk klaim dan saling bertentangan itu, Panitia Pengawas Pemilu Bali mengimbau para pihak agar saling menahan diri dan bersama-sama menjaga kondisi kondusivitas Bali.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.