Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sekjen PPNUI Bantah Palsukan Dukungan Cagub-Cawagub Jatim

Kompas.com - 02/06/2013, 16:52 WIB
Kontributor Surabaya, Achmad Faizal

Penulis

SURABAYA, KOMPAS.com - Sekjen Partai Persatuan Nahdatul Ummah Indonesia (PPNUI), Andi William Irfan membantah telah memalsukan tanda tangan SK kepengurusan untuk dukungan kepada pasangan cagub-cawagub Jatim, Soekarwo-Saifullah Yusuf.

Dia juga membantah bahwa partainya bermain dua kaki dalam Pilgub Jatim Agustus nanti. Sejak awal, di bawah naungan Asosiasi Partai Non Parlemen (APNP) Jatim, pihaknya sudah berkomitmen mendukung pasangan Soekarwo-Saifullah Yusuf untuk memimpin Jatim lima tahun mendatang.

''Partai kami mengharamkan untuk mengusung pemimpin perempuan seperti Khofifah Indar Parawansah,'' tegasnya kepada wartawan, Minggu (2/6/2013).

Andi mengaku tidak tahu menahu, soal SK kepengurusan untuk dukungan kepada pasangan lain selain kepada pasangan Soekarwo-Saifullah Yusuf. ''Saya tidak pernah tahu, dan saya tidak pernah merasa menandatanganinya,'' jelas Andi.

Akhir pekan lalu, Ketua Umum PPNUI, Yusuf Humaidi melaporkan Sekjen PPNUI, Andi William Irfan ke Mabes Polri dengan tuduhan pemalsuan. Laporan polisi nomor LP:446/V/2013/Bareskrim itu menuding Andi William Irfan memalsukan tandatangan Ketua Umum PPNUI, Yusuf Humaidi pada surat yang dikeluarkan 11 Mei 2013, dengan nomor Kep-129.5/DPP-PPNUI/V/2013. Surat itu yang dijadikan dasar dukungan kepada pasangan Soekarwo-Saifullah Yusuf.

Dua partai gurem, yakni PPNUI dan Partai Kedaulatan diketahui memberikan dukungan ganda pada dua pasangan cagub-cawagub Jatim. Pada kasus PPNUI, dua dukungan itu diberikan oleh pengurus DPW Jatim yang berbeda berdasarkan SK kepengurusan yang dijadikan syarat dukungan.

Berdasarkan salinan SK kepengurusan yang didapat Kompas.com, pengurus DPW PPNUI yang mendukung pasangan Khofifah-Herman dikeluarkan oleh DPP PPNUI pada 26 April 2013, dengan nomor Kep-29.90/DPP-PPNUI/I/2013. Dalam SK yang ditandatangani Ketua umum PPNUI, Yusuf Humaidi, dan Sekjen Andi William Irfan itu, disebutkan Ketua DPW PPNUI Jatim adalah Ma'shum Zain.

Sementara pada 11 Mei, keluar SK kepengurusan baru lagi dengan nomor Kep-129.5/DPP-PPNUI/V/2013 dengan menunjuk nama ketua DPW PPNUI Jatim baru yakni, KH Abdul Rahman. SK ini yang menjadi dasar dukungan kepada pasangan Soekarwo-Saifullah Yusuf. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com