Kompas.com - 01/06/2013, 15:05 WIB
|
EditorFarid Assifa

SITUBONDO, KOMPAS.com — Warga Dusun Padegan, Desa Bugeman, Kecamatan Kendit, Situbondo, Jawa Timur, dihebohkan dengan penemuan bayi perempuan, Sabtu (1/6/2013). Bayi berjenis kelamin perempuan seberat 3 kg dan panjang 45 cm itu ditemukan di pintu depan rumah milik warga setempat.

Bayi itu kali pertama ditemukan Mawardi (23), menantu pemilik rumah Hj Nuraini. Kondisi sebagian tubuh bayi ini masih berlumuran darah dengan dibungkus kain berwarna coklat dan diletakkan di dalam kardus bekas air mineral, tetapi ari-arinya sudah terpotong.

Dugaan sementara bayi yang tidak berdosa itu merupakan hasil hubungan gelap, dan bayi tersebut sengaja dibuang oleh orangtuanya. Mawardi lalu melaporkan penemuan bayi itu ke kepala Desa Bugeman. Setelah itu warga melapor ke Polsek Kendit dan petugas mendatangi lokasi kejadian untuk olah tempat kejadian perkara (TKP). Pihak kepolisian langsung membawanya ke Puskesmas Kendit agar bayi itu diperiksa dan mendapatkan perawatan.

"Saya baru tahu jika ada bayi di pekarangan rumah. Itupun saat akan menutup toko, saya mendengar ada suara bayi yang menangis. Namun, setelah dicek dan dilihat ternyata di dalam kardus ada bayi perempuan. Pada saat itu pula saya memanggil istri dan langsung mengambil bayi tersebut," terang Mawardi, Sabtu (1/6/2013).  

Menurutnya, sebelum dirinya menemukan bayi berjenis kelamin perempuan tepat di pintu depan rumahnya,  pada Jumat (31/5/2013) sekitar pukul 21.00 WIB, dirinya mendengar ada sepeda motor secara tiba-tiba berhenti di depan rumahnya, tetapi karena tidak curiga dengan motor itu, dia pun tidak menghiraukannya.

"Sekitar 15 menit setelah sepeda motor itu pergi, tiba-tiba ada suara tangisan bayi yang cukup keras," kata Mawardi.  

Pantauan Kompas.com, informasi tentang penemuan bayi berjenis kelamin perempuan itu cepat menyebar sehingga dengan hanya hitungan menit puluhan warga setempat yang penasaran langsung berdatangan ke rumah Hj Nuraini. Sementara itu, Kasubbag Humas Polres Situbondo AKP Wahyudi mengatakan, pihaknya masih melakukan penyelidikan untuk mengungkap siapa pelaku yang sengaja membuang bayi tersebut.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X