Kompas.com - 01/06/2013, 13:21 WIB
|
EditorTri Wahono

ENDE, KOMPAS.com — Wakil Presiden Boediono meresmikan Monumen Bung Karno dan Situs Rumah Pengasingan Bung Karno di Ende, Nusa Tenggara Timur, Sabtu (1/6/2013). Peresmian dilakukan bertepatan dengan Peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni 1945.

Peringatan dan peresmian tersebut dihadiri Ketua MPR Taufiq Kiemas dan sejumlah pimpinan MPR. Peringatan dipusatkan di Lapangan Pancasila, yang berada satu kompleks dengan Taman Rendo.

Di Taman Rendo ini terdapat pohon sukun bercabang lima, tempat Bung Karno meluangkan waktu dan merenung, selama menjalani pengasingan dari pemerintah kolonial Belanda tahun 1933-1938. Harmoni dari pluralisme masyarakat di Ende menginspirasi Bung Karno dalam merumuskan Pancasila di bawah pohon sukun itu. Rumusan Pancasila sendiri diperkenalkan ke publik oleh Bung Karno saat berpidato di sidang pertama Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI).

Ide untuk merevitalisasi situs Bung Karno di Ende itu berasal dari Boediono saat berkunjung ke sana pada masa kampanye Pemilihan Presiden 2009. Revitalisasi situs Bung Karno di Ende mencakup 10 tempat, yakni Taman Rendo, rumah pengasingan, gedung Immaculata (tempat pementasan drama karya Bung Karno), makam almarhum Ibu Amsi (mertua Bung Karno), Masjid Ar-Rabithah, dan Gereja Katedral. Selain itu juga gedung perpustakaan, gedung bekas Toko De Leew, pos militer Belanda (kini kantor Kodim), serta pelabuhan Ende.

Revitalisasi situs Taman Rendu dan rumah pengasingan Bung Karno dilakukan oleh Yayasan Ende Flores, sebuah yayasan nirlaba yang juga digagas Boediono. Proses revitalisasi dua tempat itu menghabiskan anggaran sekitar Rp 9,5 miliar, yang dananya diperoleh dari donasi sejumlah lembaga.

Sementara revitalisasi 8 tempat lainnya dianggarkan Rp 44,5 miliar, didanai Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Revitalisasi 8 tempat itu ditargetkan selesai akhir 2014.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.