Kompas.com - 31/05/2013, 20:40 WIB
|
EditorFarid Assifa

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Setelah beberapa hari mengalami peceklik ikan, nelayan pantai Sadeng di Desa Songbanyu Kecamatan Girisubo akhirnya bisa bernafas lega. Selama tiga sepekan ini, hasil ikan tangkapan berupa ikan tuna super melimpah.

Dalam sehari, rata-rata empat kapal nelayan di pantai Sadeng bisa membawa 10 ton ikan hasil tangkapan.

"Sudah tiga minggu ini nelayan pantai di Sadeng mendapatkan ikan tuna jenis super. Rata-rata beratnya menjapai 60 kg per ekor," terang Darmadi, kepala Seksi Pelabuhan Sadeng Gunungkidul, Jumat (31/05).

Darmadi mengungkapkan, produksi rata-rata per kapal yang pulang melaut mencapai 1 hingga 1,5 ton dan sebagaian besar mendapat ikan tuna.

"Jenisnya mulai dari cakalang, marlin, baby tuna dan paling banyak tuna super," katanya.

Sidul (45), salah satu nelayan warga Girisubo menjelaskan, untuk mendapatkan ikan tuna super dengan bobot di atas 30 kg, nelayan harus berlayar sejauh 60 hingga 100 mil. "Di lokasi itu, terdapat banyak ikan tuna super," ujarnya.

Menurutnya, panen ikan tuna diperkirakan sampai bulan Agustus mendatang. "Rata-rata per kapal mendapatkan ikan di atas 25 kilogram," tandasnya.

Sementara untuk harga lelang di pantai Sadeng, ikan tuna besar di atas 25 kg dilepas Rp 35.000/kg, sedangkan ukuran kecil Rp 12.000-Rp14.000/kg. Sebagian besar hasil ikan nelayan di pantai Sadeng akan dibawa ke Surabaya dan selanjutnya diekspor ke Jepang dan Eropa.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.