Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Seniman Menjual Lukisan demi Mahasiswa KKN

Kompas.com - 31/05/2013, 17:43 WIB
Kontributor Magelang, Ika Fitriana

Penulis

MAGELANG, KOMPAS.com — Upaya sejumlah seniman lukis dari berbagai daerah di Jawa Tengah dan Yogyakarta ini patut diapresiasi. Mereka memamerkan dan menjual hasil karyanya demi membantu mahasiswa Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta yang hendak menjalani kuliah kerja nyata (KKN) di Papua, Juli mendatang.

Enam puluh lukisan dari 40 pelukis itu bisa dilihat dalam pameran bertajuk "Rupa Waisak Dharma Gama" di Hotel Pondok Tingal Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.

Menurut Godod Sutejo, Ketua Pelaksana Pameran, pameran lukisan tersebut merupakan salah satu wujud kepedulian seniman terhadap dunia pendidikan. Disebutkan Godod, ada sekitar 24 mahasiswa UGM dari berbagai fakultas akan menjalani KKN di Papua. Namun, bekal mereka selama di sana masih belum cukup.

"Lokasi KKN cukup jauh. Diperkirakan butuh dana sekitar Rp 700 juta. Sedangkan saat ini mereka baru dapat mengumpulkan dana Rp 400 juta," terang Godod, awal pekan ini.

Godod berharap, selama pameran yang dibuka sejak 23 Mei - 11 Juni 2013 dapat menarik minat para kolektor atau pecinta seni untuk membeli lukisan-lukisan itu. Rencananya, 50 persen dari hasil penjualan akan diberikan kepada para mahasiswa tersebut.

Sebelumnya, pameran serupa juga digelar di Joglo Prumpung, Sleman, Yogyakarta, pada 26 Mei 2013 lalu. Dari pameran itu, sebut Godod, suduh ada beberapa lukisan yang terjual hingga terkumpul dana sebanyak Rp 5.000.000.

Meskipun hingga saat ini belum satu pun lukisan yang dipamerkan di Hotel Pondok Tingal itu terjual, pihaknya tetap optimistis akan ada yang berminat membeli.

Setidaknya ada momentum besar di Borobudur yang dapat dimanfaatkan untuk menarik peminat karya lukis. Salah satunya, penyelenggaraan Borobudur Internasional Festival (BIF) 2013 pada 16 Juni mendatang. "Rencananya akan kami perpanjang sampai BIF 2013 itu," tukas Godod.

Harga yang ditawarkan untuk setiap lukisan bervariasi. Mulai dari Rp 1.000.000 hingga Rp 20.000.000. Harga tersebut bergantung ukuran dan jenis lukisan.

Upaya para seniman itu disambut baik oleh Koentjoro Soeparno, dosen pembimbing lapangan KKN-PPMO UGM, sebab selain bisa membantu para mahasiswa yang hendak KKN, juga menciptakan sinergi antara mahasiswa dan para seniman. "Saya sangat bangga. Ini merupakan apresiasi yang sepatutnya dicontoh siapa pun," ungkapnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com