Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ibu Bayi yang Tersangkut di Saluran WC Tidak Dihukum

Kompas.com - 30/05/2013, 22:43 WIB
Pieter P Gero

Penulis

BEIJING, KOMPAS.com — Ibu dari bayi laki-laki yang tersangkut di saluran WC dan berhasil diselamatkan regu penolong di China lolos dari tuduhan perbuatan kriminal.

Media dan pejabat lokal, Kamis (30/5/2013), menyatakan, bayi tadi terjatuh di kloset dan lolos ke saluran WC karena terjadi secara tak sengaja. Sang ibu melahirkan si bayi, tetapi tak sempat menangkapnya begitu lahir.

Kantor berita AP melaporkan, bayi laki-laki itu sudah keluar dari rumah sakit dan dijemput nenek dari pihak sang ibu hari Rabu. Media milik pemerintah, Jinhua Evening News, mengutip pejabat polisi lokal menegaskan, ibu berusia 22 tahun masih dalam perawatan medis dan tidak akan dikenakan tuduhan kriminal.

Bayi laki-laki yang dikenal dengan nama "Bayi 59" karena berada dalam inkubator nomor 59 itu terperangkap dalam saluran pembuangan WC di rumah sewa ibunya pada hari Sabtu lalu. Pertolongan oleh regu penolong selama dua jam berhasil menyelamatkan sang bayi. Kejadian ini terjadi di Pujiang, Provinsi Zhejiang.

Kasus ini mendapat perhatian di seluruh China dan dunia serta menarik simpati dan donasi dari banyak pihak kepada sang bayi.

Sang ibu mengaku sudah menyadari bahwa dia akan segera melahirkan. Namun, saat dia ke toilet umum di rumah sewa yang ditempatinya, mendadak sang bayi lahir. Belum berpengalaman melahirkan membuat dia tak menyadari si bayi keluar dan jatuh ke toilet dan terus masuk ke pipa saluran WC.

Sebelumnya, perempuan ini tidak mengakui bahwa dia adalah ibu yang melahirkan bayi tadi. Dia hanya mengaku bahwa ada bayi yang terjatuh ke dalam pipa saluran WC. Namun, polisi yang terus menanyainya akhirnya berhasil membuat sang ibu mengaku bahwa dia yang melahirkan sang bayi.

Pengakuan ini datang dua hari setelah kejadian. Harian setempat melaporkan, polisi semula hendak menuduh sang ibu hendak membunuh bayinya. Namun, melihat proses kelahiran yang mendadak dan sang ibu yang belum berpengalaman, maka kemungkinan besar tidak akan ada tuduhan kriminal kepada sang ibu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com