Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ratusan Surat Suara Pilkada Maluku Rusak

Kompas.com - 30/05/2013, 22:03 WIB
Kontributor Ambon, Rahmat Rahman Patty

Penulis

AMBON, KOMPAS.com - Ratusan surat suara yang akan digunakan dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Maluku rusak. Hal itu diketahui saat penyortiran dan pelipatan surat suara oleh petugas KPU Maluku di Sport Hall Ambon Kamis (30/5/2013).

Petugas di KPU Maluku menemukan ratusan surat suara yang sobek; tidak ada tulisan Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) serta; foto pasangan calon yang terpotong.

"Ditemukan ratusan surat suara yang rusak. Kami sementara menunggu hingga penyortiran selesai dilakukan, jumlahnya ratusan," kata Ketua Kelompok Kerja Logistik KPU Kota Ambon Iriane Ponto, Kamis (30/5/2013).

Meski terjadi kerusakan, namun Ponto menjamin tidak akan mempengaruhi jumlah logistik surat suara Pilkada Maluku. Jumlah surat suara tetap mencukupi.

Ia mengatakan penyortiran direncanakan selesai pada Jumat (31/5/2013) besok. Setelah penyortiran dan pelipatan, pihaknya akan kembali menghitung jumlah surat suara yang rusak dan tidak layak pakai.

Sementara itu, anggota KPU Maluku Nasir Rahawarin menyebutkan, total surat suara untuk Maluku sebanyak 1,3 juta eksemplar. Sebagian merupakan cadangan untuk masyarakat yang tidak masuk daftar pemilih.

"Surat suara dikasih lebih di tiap KPU baik kota atau kabupaten. Kalau ada masyarakat yang tidak terdaftar, bisa menggunakan KTP atau kartu keluarga agar dapat menggunakan hak suaranya dalam pemilu nanti," kata Nasir.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com