Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ribuan Seniman Siap Meriahkan "Magelang Night Carnival"

Kompas.com - 30/05/2013, 17:59 WIB
Kontributor Magelang, Ika Fitriana

Penulis

MAGELANG, KOMPAS.com - Ribuan seniman dipastikan akan memeriahkan Magelang Night Carnival (MNC) yang akan digelar pada Sabtu (1/6/2013) mendatang. MNC merupakan kegiatan puncak penutupan peringatan Hari Jadi ke-1107 Kota Magelang.

Jimmy Palapa, Ketua Panitia MNC menyebutkan, akan ada 60 kelompok dari berbagai elemen seniman dan masyarakat baik dari Kabupaten/Kota Magelang, Temanggung dan Salatiga akan tampil di acara tersebut mulai pukul 18.00 sampai 01.00 WIB dini hari, start di Jalan A Yani Kota Magelang. Menurut Jimmy, MNC tahun ini mengambil tema "Magelang Behias" sejalan dengan visi misi Kota Magelang sebagai Kota Sejuta Bunga.

Even ini adalah yang kedua kali dilaksanakan dan dipastikan akan lebih meriah dibanding tahun lalu. "Tahun lalu hanya ada 30 kelompok seniman, tahun ini dua kali lipatnya, persiapan juga lebih matang," ungkap Jimmy, Kamis (30/5/2013).

Diterangkan Jimmy, setiap kelompok yang terdiri dari puluhan seniman itu nantinya akan menampilakn berbagai atraksi yang unik dan menarik. Antara lain, parade mobil hias, kesenian tradisional, fashion show on the street, tarian modern, Magelang Batik Carnival, barongsai, parade Duta Wisata Kota/Kabupaten Magelang hingga atlet pencak silat dan wushu.

"Istimewanya, kami juga akan menampilkan secara khusus grup kesenian Reog dari Ponorogo Jawa Timur, Naga Barongsai dari empat wilayah di Kedu, Marching Band Canka Lokananta Akmil Magelang, Kapal Cheng Hoo yang dinaiki oleh komunitas Persatuan Islam Tionghoa Indonesia (PITI) Magelang serta replika burung Garuda dan Jatayu setinggi dua meter," jelas pria kelahiran 25 Mei itu.

MNC ini, kata Jimmy, sengaja diselenggarakan sebagai upaya untuk menghidupkan suasana malam di Kota Magelang. Karena, menurutnya, selama ini Kota Magelang termasuk kota yang sepi pada malam hari, tidak seperti kota tetangga Yogyakarta dan Semarang.

"Kami juga ingin menyatukan semua elemen masyarakat di sekitar Magelang tanpa ada perbedaan melalui MNC. Dari beberapa kegiatan yang telah kami gelar, bersyukur cukup sukses dan mampu menghibur masyarakat. Ini bukti bahwa masyarakat Magelang haus akan hiburan," tutur pengusaha elektronik dan pegiat property ini.

Menurutnya, even-even tahunan semacam ini perlu terus digalakkan karena ternyata mampu mendongkrak perkembangan suatu daerah, utamanya di bidang pariwisata.

Jimmy mencontohkan, berbagai daerah di Indonesia seperti Jember, Solo dan Yogyakarta kerap menggelar acara tahunan dan terlihat daerah tersebut terus maju dan berkembang.

"Kami berharap, even MNC nantinya bisa jadi ikon Kota Magelang. Sehingga ke depan Magelang menjaid kota yang layak jual," harapnya.

Untuk penyelenggaraan ini, Jimmy mengaku mengluarkan dana hingga Rp 140 juta. Dana tersebut diperoleh dari sumbangan para donatur di Magelang, sejumlah sponsor serta Pemerintah Kota Magelang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com