Kompas.com - 30/05/2013, 15:02 WIB
|
EditorGlori K. Wadrianto

BULUKUMBA, KOMPAS.com — Eksekusi tanah seluas 0,5 hektar di Kelurahan Caile, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan, Kamis (30/5/2013) pagi, berlangsung ricuh. Ratusan warga sempat melakukan perlawanan terhadap petugas dengan melemparkan bom molotov.

Tidak hanya bom molotov, warga juga memperlengkapi diri dengan parang panjang dan katana, batu, serta bambu untuk melawan petugas yang berusaha memukul mundur warga yang mencoba menghalang-halangi proses eksekusi itu.

Akibat insiden itu, sejumlah petugas mengalami luka ringan akibat lemparan batu, bom molotov, dan terkena sabetan senjata tajam. Ratusan petugas gabungan dari Polres Bulukumba, Satpol PP, serta petugas pemadam kebakaran yang dikerahkan ke lokasi memukul mundur warga setelah menangkap tiga orang warga yang dianggap sebagai provokator.

Empat jam proses eksekusi itu berlangsung, tiga rumah semipermanen dan tiga ruko disapu rata dengan alat berat. Ketua Juru Sita, Khaeruddin Majid, mengatakan, kasus sengketa lahan itu telah bergulir sejak sejak tahun 1997 antara penggugat keluarga almarhum Dalauleng dan tergugat Ambo Masse dkk.

Setelah melakukan persidangan yang panjang, dengan putusan kasasi di tahun 2000, kasus sengketa lahan dimenangkan oleh keluarga Almarhum Dalauleng. "Ini eksekusi yang keempat kalinya, dan baru berhasil setelah petugas gabungan mengamankan tiga orang warga yang dianggap sebagai provokator. Ketiga warga itu baru akan dilepas kembali setelah proses eksekusi itu telah berlangsung," kata Khaeruddin.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.