Kompas.com - 30/05/2013, 09:33 WIB
|
EditorInggried Dwi Wedhaswary

JAKARTA, KOMPAS.com - Kewajiban membeli lembar kegiatan sekolah (LKS) masih dialami para siswa di SD Negeri 09 Pulogebang, Jakarta Timur. Para siswa diperintahkan untuk membeli LKS pada salah satu warung di dekat sekolah seharga Rp 77.000 untuk 10 LKS dan satu buku tulis tegak bersambung.

Dn (29), salah satu orangtua murid di sekolah itu, Rabu (29/5/2013), mengaku, sejak anaknya duduk di kelas 1 hingga saat ini di kelas 3, setiap semester selalu dibebani untuk membeli LKS. Kewajiban itu masih terjadi hingga saat ini, meski Pemerintah Provinsi DKI telah menetapkan agar sekolah tidak lagi membebani biaya pun karena telah dipenuhi dari biaya operasi sekolah (BOS).

"Setahu saya juga Pemprov DKI kan sudah membebaskan biaya apa pun untuk seluruh siswa sekolah dasar. Tapi, kenapa ini masih saja terjadi kewajiban untuk membeli LKS," katanya.

Apalagi, untuk memperoleh LKS itu, kata Dn, dibeli di sebuah warung buku dekat sekolah, Toko Ria. Padahal, di sekolah itu ada empat toko buku yang lebih tepat disebut warung alat tulis karena sangat sederhana. Dn mengaku tak dapat menolak perintah itu karena khawatir anaknya akan dikenai sanksi.

"Sempat sih mempertanyakan masalah ini ke guru. Tapi jawabannya, tetap harus beli LKS. Sementara, orangtua murid yang lain cuma omong-omong aja di belakang," katanya.

Kewajiban membeli LKS juga diungkapkan sejumlah siswa SD Negeri 09 Pulogebang saat mereka pulang sekolah. Salah satunya, Zh (9). Ia mengatakan, LKS itu bisa diperoleh di Toko Ria.

"Iya, memang harus beli LKS. Satu paketnya Rp 77.000. Belinya di toko itu," kata Zh sambil menunjuk Toko Ria yang berada 50 meter dari SD Negeri 09 Pulogebang.

Pemilik Toko Ria, Ria (28), mengaku, LKS yang dia sediakan bukan hasil kerja sama dengan sekolah. Namun, ia mengakui, menyediakan LKS yang digunakan SD Negeri 09, yaitu LKS cetakan Penerbit Bintang dan Praktis.

"Saya cuma cari tahu di sekolah itu, rupanya LKS yang dipakai Penerbit Bintang dan Praktis. Terus saya beli di Pasar Senen," katanya.

Setiap paket LKS seharga Rp 77.000 terdiri dari 10 eksemplar LKS dari setiap mata pelajaran dan satu buku tulis tegak bersambung. Untuk setiap paket, dia hanya melayani pembelian secara kontan.

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.