Kompas.com - 29/05/2013, 12:22 WIB
EditorKistyarini

SORONG, KOMPAS.com - Puluhan warga berdemonstrasi dengan memblokade landasan pacu Bandara Domine Eduard Osok, Kabupaten Sorong, Papua Barat, Rabu (29/5/2013), sehingga mengakibatkan sejumlah penerbangan gagal terbang dan mendarat.

Wartawan Antara melaporkan aksi warga itu berlangsung sejak pukul 11.20 WIT. Mereka masuk landasan pacu dengan berjalan kaki dan menaiki sepeda motor tanpa ada penjagaan dari petugas keamanan bandara.

Sekitar 150 orang penumpang pesawat Sriwijaya Air dengan nomor penerbangan SJ571 tujuan Makassar-Surabaya-Yogyakarta-Jakarta, termasuk pewarta Antara yang seharusnya terbang pukul 11.40 WIT, sempat tertahan sekitar 30 menit dalam kabin pesawat.

Setelah menunggu beberapa saat belum ada tanda-tanda demo akan bubar, Pilot Sriwijaya Air SJ571, Kapten Gusti, memberitahukan kepada penumpang untuk turun dari pesawat dan kembali ke ruang tunggu bandara sambil menunggu proses negosiasi pihak kepolisian dengan warga selesai.

Menurut sejumlah petugas di Bandara Domine Eduard Osok, Sorong, demo warga itu terkait masalah lahan itu sudah berulang kali terjadi dan mengganggu jadwal penerbangan.

Selain Sriwijaya Air, beberapa jadwal keberangkatan dan kedatangan pesawat tertunda, antara lain Wing Air tujuan Fak Fak, Merpati tujuan Teminabuan, Pelita Air tujuan Balikpapan-Jakarta, dan Express Air.

Hingga informasi ini dilaporkan, aparat kepolisian dari Polres Sorong dan petugas bandara masih melakukan negosiasi dengan warga agar bersedia meninggalkan landasan pacu.

Sementara ratusan penumpang saat ini memenuhi ruang tunggu dan sebagian penumpang lainnya memilih berada di luar, karena ruang tunggu sudah penuh.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.