Kompas.com - 29/05/2013, 10:23 WIB
Penulis Alsadad Rudi
|
EditorAna Shofiana Syatiri

DEPOK, KOMPAS.com — Mahasiswa Universitas Indonesia (UI) dipaksa keluar dari Stasiun UI setelah sempat ricuh dengan aparat yang berjaga-jaga. Setelah "terusir", mahasiswa tetap melakukan aksi dengan memasang paper bag berwajah sedih di wajah mereka.

Aksi mahasiswa dilakukan di depan Stasiun UI, Depok, Jawa Barat. Menurut Wakil Ketua BEM UI Azhar Nurun A'la, paper bag berwajah sedih menggambarkan kesedihan akan kembali terlukanya nilai-nilai kemanusiaan.

"Paper bag yang kita gunakan sebagai simbol, lagi-lagi nilai kemanusiaan dilukai. Oleh sebab itu, hari ini wajah kita cemberut," kata Azhar dalam orasinya, Rabu (29/5/2013).

Dalam orasinya, para mahasiswa kembali menegaskan bahwa PT KAI melakukan pembongkaran terhadap kios padagang tanpa adanya dialog terlebih dahulu. Selain itu, mahasiswa menyayangkan PT KAI yang menurut mereka tidak memiliki rasa keadilan dan hati nurani karena menggusur kios pedagang, tetapi tidak menggusur minimarket milik pemodal besar.

"Kita harus bersatu, kita harus kuat, kita harus sama-sama melawan tirani dan ketidakadilan ini. Ini bukan akhir dari perjuangan kita," tegas Azhar.

Aksi unjuk rasa mahasiswa dilakukan sejak pukul 07.00 WIB bersamaan dengan mulainya proses penertiban terhadap 81 kios pedagang. Untuk pengamanan, ratusan aparat gabungan dari kepolisian yang terdiri atas Brimob, Sabhara, dan Polwan dibantu Kesatuan Marinir dari TNI dan Satuan Polisi Khusus Kereta.

Selama penertiban, Stasiun UI tidak beroperasi. Selain itu, KRL juga tidak berhenti di stasiun tersebut. Para penumpang diimbau untuk naik atau turun di stasiun terdekat, seperti Stasiun Pondok Cina dan Stasiun Universitas Pancasila.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang
     
    Pilihan Untukmu


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.