Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Militer Australia Waspadai Peniru Pemenggalan di London

Kompas.com - 28/05/2013, 11:44 WIB

SYDNEY, KOMPAS.com — Panglima angkatan bersenjata Australia, Selasa (28/5/2013), memperingatkan personel militer negeri itu untuk menghindari lokasi-lokasi berbahaya dan meningkatkan kewaspadaan atas kemungkinan serangan yang mirip dengan insiden di London.

Jenderal David Hurley mengimbau kepada semua angkatan untuk memperketat keamanan, termasuk bagi mereka yang gemar menggunakan media sosial. Peringatan ini menyusul pembunuhan prajurit Lee Rigby di jalanan London pekan lalu.

Tak lama setelah pembunuhan Rigby, seorang prajurit Perancis ditusuk di kawasan bisnis La Defense, Paris, yang ramai.

Secara resmi, aparat belum menyatakan insiden di London dan Paris itu terkait satu sama lain.

"Saya minta kalian semua waspada," kata Hurley di dalam suratnya.

"Meski sejauh ini tidak ada bukti terjadi serangan terhadap anggota militer Australia, masih ada kemungkinan para peniru melakuan aksi yang sama," sambung Hurley.

Hurley menekankan perlunya semua personel militer lebih waspada, terutama saat berada di luar barak dan saat mengenakan seragam.

"Anda harus menghindari lokasi-lokasi bermasalah dan harus ekstra hati-hati saat Anda mengungkapkan jati diri dan merencanakan kegiatan lewat jejaring sosial," tambah Hurley.

Harian Daily Telegraph melaporkan, anggota militer Australia sudah diperingatkan untuk menghindari masalah dengan kelompok Milad bin Ahmah-Shah al-Ahmadzai yang beberapa waktu lalu pernah mengunggah berbagai ancaman terhadap personel militer Australia.

Al-Ahmadzai (23) ditangkap pasukan anti-teroris pada Senin (27/5/2013) dan didakwa mengancam keselamatan para pejabat publik Australia.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com