Kompas.com - 27/05/2013, 15:03 WIB
|
EditorFarid Assifa

BONE BOLANGO, KOMPAS.com — Wakil Bupati Bone Bolango (Bonbol) Hamim Pou hari ini secara resmi menjadi bupati. Hamim menjadi bupati di Kabupaten yang terletak di bagian timur Provinsi Gorontalo tersebut menggantikan bupati sebelumnya, Abdul Haris Nadjamuddin yang telah meninggal dunia.

Hamim dilantik sebagai bupati yang akan meneruskan sisa jabatan periode 2010-2015 oleh Gubernur Gorontalo Rusli Habibie di gedung DPRD Bonbol, Kecamatan Suwawa, Senin (27/5/2013). Bupati yang merupakan mantan wartawan ini sebenarnya sudah dilantik sejak Jumat (10/5/2013) lalu, tetapi tiga hari kemudian pelantikan tersebut dianulir Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) karena dinilai tidak prosedural.

Gubernur Rusli Habibie yang diwawancarai seusai pelantikan hari ini mengakui ada miskomunikasi antara dirinya dengan DPRD Bonbol beberapa waktu lalu. Ketika Kemendagri mengeluarkan Surat Keputusan (SK) pengangkatan Bupati Bonbol yang baru awal Mei lalu, DPRD setempat hanya mengirimkan undangan pelantikan kepada gubernur tanpa melakukan konsultasi seperti seharusnya.

"Seharusnya begitu menerima surat keputusan pengangkatan bupati dari Mendagri, DPRD berkonsultasi dengan gubernur mengenai waktu dan tempat pelantikan. Setelah itu, DPRD rapat lagi dengan Banmus (Badan Musyawarah), tapi semua itu tidak dilakukan," ujar Rusli.

Rusli kemudian meminta DPRD Bonbol melakukan konsultasi di Rumah Dinas Gubernur. Dalam pertemuan tersebut, pihak DPRD menyepakati pelantikan Hamim digelar tanggal 10 Mei bertepatan dengan Hari Ulang Tahun Kabupaten Bonbol. Rupanya di tanggal tersebut gubernur memiliki agenda lain di luar daerah. Gubernur akhirnya mengutus Wakil Gubernur Idris Rahim untuk melaksanakan pelantikan Hamim.

Kemendagri kemudian mempermasalahkan pelantikan tersebut karena tidak sesuai dengan Pasal 111 Ayat 3 Undang-Undang Nomor 32/2004 tentang Pemerintahan Daerah, di mana seorang bupati atau wali kota seharusnya dilantik oleh seorang gubernur. Sebagai gubernur, Rusli mengaku tidak tahu kalau ada aturan ini.

"Seingat saya, pernah ada wakil bupati yang dilantik oleh wakil gubernur. Tapi mungkin waktu itu kasusnya lain," kilah Rusli.

Secara terpisah, Bupati Bonbol yang baru, Hamim Pou, menyatakan tetap bersyukur meskipun pelantikannya sebagai bupati sempat tersandung masalah prosedural. Meski menurutnya gairah masyarakat tidak sebesar saat pelantikannya yang pertama, Hamim tetap optimistis melanjutkan sisa periode kepemimpinannya yang akan berakhir pada tahun 2015 nanti.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.