Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jokowi: Rakyat Senang yang Ganteng

Kompas.com - 27/05/2013, 14:24 WIB
Sandro Gatra

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo alias Jokowi menilai, penampilan fisik Ganjar Pranowo menjadi salah satu faktor tingginya tingkat dukungan warga untuk menjadi gubernur Jawa Tengah. Hanya, faktor utamanya, menurut dia, tetap figur yang dicitrakan Ganjar.

"Kehendak rakyat seperti itu. Seneng yang muda, yang ganteng, mungkin itu. Tapi, yang paling penting, menurut saya, yang dilihat kerakyatannya. Figur dekat dengan rakyat dan dipersepsikan jujur, bersih," kata Jokowi, di Jakarta, Senin (27/5/2013).

Hal itu dikatakan Jokowi ketika dimintai tanggapan keunggulan pasangan Ganjar Pranowo-Heru Sudjamoto dalam Pilgub Jateng berdasarkan hasil hitung cepat beberapa lembaga survei.

Jokowi menambahkan, selain sosok Ganjar-Heru, mesin partai, yakni PDI Perjuangan di Jateng, berjalan efektif. Begitu pula para relawan ikut membantu pemenangan di lapangan.

Ada harapan Anda buat Ganjar-Heru? "Nanti saja, wong saya belum ketemu," jawab Jokowi.

Seperti diberitakan, beberapa lembaga survei menunjukkan Ganjar-Heru unggul dalam Pilgub Jateng periode 2013-2018, Minggu, dengan meraih lebih dari 48 persen suara. Raihan itu jauh di atas raihan pasangan petahanan Bibit Waluyo-Sudijono Sastroatmodjo sekitar 30 persen dan pasangan Hadi Prabowo-Don Murdono sekitar 19 persen.

Padahal, kedua pasangan lain diusung oleh banyak parpol. Bibit-Sudijono diusung Demokrat, Golkar, dan PAN. Adapun Hadi-Don diusung PKS, Gerindra, PPP, Hanura, PKB, dan PKNU.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com